Ketua Tim UP2DP Tegaskan Dana Aspirasi Sudah Disepakati Seluruh Fraksi

Surya Perkasa    •    Selasa, 23 Jun 2015 11:04 WIB
dpr
Ketua Tim UP2DP Tegaskan Dana Aspirasi Sudah Disepakati Seluruh Fraksi
Taufik Kurniawan. Foto: Mochamad Irfan/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Tim Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) Taufik Kurniawan mengungkapkan DPR secara kelembagaan sudah menyetujui alokasi untuk dana aspirasi. Adanya kesepakatan itu membuat tentangan dari beberapa fraksi menjadi tidak relevan.  

"Dana aspirasi disepakati sejak 17 Februari pada rapat paripurna. Lalu, 20 Mei dibentuk tim. Jadi bukan fraksi mana yang ngotot dan enggak," kata Wakil Ketua DPR ini, Selasa (23/6/2015).

Dana Aspirasi, kata Taufik, disepakati secara terbuka. Namun, Taufik mengakui belum ada kesepakatan terkait besaran angka Rp20 miliar untuk program ini. "Angka itu tidak pernah keluar dari tim. UP2DP hanya tindak lanjuti paripurna dan kita fasilitasi UU MD3 tentang sumpah janji anggota. Mau bagaimana pemerintah alokasikan silahkan. Tapi kita siapkan piranti saran dan pranata UU yang garis disiapkan," terang Taufik.

Dalam Rapat Paripurna hari ini, Baleg akan menyampaikan rancangan Peraturan DPR yang dirancang Panja Dana Aspirasi. Peraturan DPR ini yang menjadi payung hukum pembentukan UP2DP.

"Sekarang ini internal kaitan Peraturan DPR RI sebagai tindak lanjut permintaan Paripurna," kata dia.

Penolakan beberapa fraksi, kata Taufik, sah-sah saja dilakukan. Bahkan wakil Ketua Umum PAN ini juga tidak mempermasalahkan jika ada perdebatan dalam paripurna.

"Namanya Paripurna bebas-bebas saja. Intinya dibantu meluruskan saja. Kalau informasi kita luruskan. Kalau kesannya sejauh itu seolah ada pro dan tidak ini juga salah," pungkas dia.


(KRI)