Kenali Gejala Kanker Prostat

   •    Selasa, 23 Jun 2015 11:15 WIB
kesehatankanker
Kenali Gejala Kanker Prostat
Kanker prostat menyerang pria. (Foto:Huffingtonpost.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Satu dari delapan pria rentan mendapatkan kanker prostat dalam hidup mereka. Karenanya, penting untuk mengetahui berbagai fakta-fakta tentang kanker prostat. Pria berotot yang pada umumnya cenderung menderita kanker prostat.

Apa itu kanker prostat?

Prostat adalah kelenjar seukuran buah kenari kecil bagian dari sistem reproduksi laki-laki yang ada di bawah kandung kemih dan mengelilingi uretra. Tujuan prostat yaitu untuk membantu membuat air mani dan cairan yang membawa sperma.

Prostat sering membesar sebagai laki-laki bertambah tua, dan dua-pertiga dari pria berusia 50 dan lebih ini tidak menyebabkan masalah. Tetapi, kanker dapat berkembang melalui pertumbuhan sel abnormal dalam kelenjar, dan meskipun ini dapat terjadi perlahan-lahan selama bertahun-tahun, itu penting untuk menghentikan mereka dari penyebaran di luar prostat.

Siapa yang paling berisiko?

Pria berusia 50 tahun ke atas lebih berisiko terkena kanker prostat. Etnisitas dan sejarah keluarga juga bisa menyebabkan faktor utama. Satu dari empat pria hitam akan mendapatkan kanker prostat di beberapa titik. Sementara mereka dengan saudara atau ayah yang memiliki penyakit tersebut dua setengah kali lebih mungkin untuk terkenanya dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kerabat menderita kanker prostat.

Apa saja gejalanya?

Pada tahap awal sering tidak ada tanda-tanda peringatan sama sekali. Tapi, Anda perlu mengetahui bahwa gejala seperti kesulitan buang air kecil, aliran lemah ketika buang air keil, buang air kencing terlalu sering, terutama saat malam hari. Selain itu, ada gejala yang didapatkan yang kurang umum, di antaranya, nyeri saat ejakulasi, masalah dalam mendapatkan atau menjaga ereksi, dan terdapat darah dalam urin atau air mani.

Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, tidak selalu berarti Anda memiliki kanker. Anda hanya perlu memeriksa lebih lanjut melalui dokter Anda.

Jangan takut untuk diperiksa

Saat Anda melihat salah satu gejala tersebut pada orang terdekat Anda, Anda harus sesegera mungkin mendorong dia untuk pergi ke rumah sakit dan tentu Anda harus tetap membuatnya tenang. Dia mungkin merasa malu atau takut. Tetapi, tenang saja, dokter Anda akan mengatasinya dengan segera, sehingga sel-sel yang abnormal cepat ditemukan.

Bagaimana perawatannya?

Yang paling umum, pengobatan pengangkatan prostat melalui pembedahan, dan radioterapi, atau kemoterapi dan terapi hormon. Anda juga bisa melakukan tes darah secara teratur untuk memantau sel-sel kanker aktif ada atau tidak pada tubuh Anda. (Sumarni/Mirror)


(LOV)