Cara Mengelola Keuangan saat Ramadan

Tri Kurniawan    •    Selasa, 23 Jun 2015 11:28 WIB
ramadan 2015
Cara Mengelola Keuangan saat Ramadan
Penjual takjil di Pasar Benhil, Jakarta, Kamis 18 Juni 2015. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Waktu makan di Bulan Ramadan memang berkurang. Namun, pengeluaran biaya makan saat Ramadan justru meningkat. Ada tips untuk mengatasi hal itu.
 
“Secara psikologis, orang puasa ada syndrome balas dendam saat sorenya. Jadi ingin makan apa saja. Betul makannya jadi lebih sedikit, tapi camilannya jadi lebih banyak,” kata perencana keuangan, Mike Rini.
 
Agar pengeluaran saat Ramadan lebih teratur, Mike mengatakan bisa dengan banyak cara. Pertama, belanja makanan sesuai kebutuhan finansial; kedua, belanja sesuai kebutuhan; ketiga, memasak sesuai kebutuhan keluarga; dan keempat, manfaatkan sisa makanan saat buka puasa untuk sahur.
 
Sementara itu, perencena keuangan Prita Ghozie  Hapsari menyampaikan yang harus diperhatikan saat Ramadan adalah pengeluaran yang sifatnya rutin dan tidak rutin.
 
Pengeluaran rutin seperti biaya makan, listrik atau transfortasi. Sedangan yang tidak rutin seperti membayar zakat dan tunjangan hari raya untuk keluarga.
 
“Gaji kita harusnya untuk yang pengeluaran rutin. Sayangnya, banyak orang berpikir saat Ramadan akan mendapatkan penghasilan lebih besar dari gaji dan THR, akhirnya merasa berhak punya pengeluaran yang besar. Padahal, THR itu sudah ada peruntukannya. Banyak kejadian setelah lebaran malah gigit jari,” paparnya.
 
Bagaimana menyiasatinya? Saat ini, tidak semua harga kebutuhan sehari-hari naik, ada juga yang turun. Yang harus diperhatikan adalah mengatur menu sesuai kesukaan rumah tangga agar tidak banyak sisa.
 
“Problemnya menu tidak diatur, belanja banyak akhirnya busuk. Kalau dimasak pun tidak dinikmati karena anggota keluarga tidak begitu menyukai,” terangnya.
 
Kemudian, mengatur makanan prioritas saat sahur, berbuka atau makan malam. “Karena setiap orang prioritasnya berbeda-beda. Jangan tiga-tiganya banyak,” pungkasnya. (Metro TV)


(TRK)

Ade Komarudin Diperiksa untuk Novanto

Ade Komarudin Diperiksa untuk Novanto

15 minutes Ago

Tiga saksi tersebut ialah politikus Partai Golkar Ade Komaruddin, pengusaha Made Oka Masagung, …

BERITA LAINNYA