Penyerapan Rendah, Ahok: Banyak Pejabat Jadi Calo

Wanda Indana    •    Selasa, 23 Jun 2015 11:32 WIB
ahok
Penyerapan Rendah, Ahok: Banyak Pejabat Jadi Calo
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengakui serapan Anggaran pendapatan dan belaja daearah tahun ini rendah. Sebab, Pemprov DKI dipersulit membeli lahan.
 
Ahok menuding ada oknum pejabat DKI yang sengaja berperan seperti calo dengan mempersulit pembelian tanah untuk meminta suap. Ia akan menyelidiki dan mencopot pejabat DKI yang nakal itu.
 
"Logikanya, kalau kamu punya uang, orang mau jual tanah, sertifikat resmi, pasti gampang bayarnya. Tapi kenapa Pemda tidak gampang? Karena (pejabat) ini minta komisi. Kami ada Rp6 triliun buat beli tanah. Kenapa swasta beli tanah begitu mudah, kita enggak? Makanya saya mau pindahin duit ke BUMD, cuma jelek di portofolio," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (23/6/2015).
 
Ahok berambisi mencopot 40 ribu PNS DKI, karena percuma memiliki 72 ribu PNS DKI kalau membeli tanah saja mengalami kesulitan. "Buat apa ada 72 ribu kalau beli tanah saja nggak bisa? Kan lucu. Kita pangkas 40 ribu PNS juga gak masalah, gak akan ganggu pelayanan," pungkasnya.


(FZN)