Ini Syarat Mudik Gratis

Amaluddin    •    Selasa, 23 Jun 2015 11:46 WIB
mudik lebaran 2015
Ini Syarat Mudik Gratis
Foto: Ilustrasi/MI_Akhmad Safuan

Metrotvnews.com, Surabaya: Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Provinsi Jawa Timur bersama Pemerintah Jawa Timur memberikan tiket mudik gratis pada Lebaran 2015. Para calon pemudik dapat mendaftarkan diri ke Panitia Penyelenggara Angkutan Lebaran Terpadu 2015, dengan menyertakan kartu tanda penduduk (KTP dan kartu keluarga (KK).

"Untuk pendaftaran mudik gratis jalur laut (kapal) dan jalur darat kereta api sudah dimulai dari sekarang sampai tiket penuh alias habis. Sedangkan untuk jalur darat bus, pendaftaran baru dibuka mulai 27 Juni sampai penuh juga," kata Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur, Wahid Wahyudi, di Jalan Ahmad Yani 268, Surabaya, Selasa (23/6/2015).

Wahid mengatakan ada tiga moda angkutan dalam program mudik gratis ini yakni bus, kapal laut, dan kereta api. Ada tiga kapal yang disiapkan untuk rute Surabaya-Masalembu, Surabaya-Kalianget-Kangean, dan Surabaya-Banyuwangi-Sapeken.

"Nah, tiga buah kapal itu nantinya akan melayani 12 trip dengan mengangkut sebanyak 2.400 penumpang. Untuk pendaftaran mudik melalui kapal laut dimulai 22 Juni sampai tiket habis. Dan akan mulai diberangkatkan pada H-6 (6 hari sebelum Lebaran)," ujar Wahid.

Sementara untuk jalur kereta api, Dishub Jatim akan memberangkatkan pada empat hari sebelum Lebaran. "Untuk KA kami siapkan 14 rangkaian atau 14 trip. Per rangkaian (5 gerbong kereta) mengangkut 480 penumpang. Total 6.720 penumpang sampai H-4. Pendaftaran KA bisa melalui online atau stasiun terdekat. Pendaftaran mulai sekarang sampai tiket habis," katanya.

Sedangkan bus, ada 611 bus yang akan melayani pemudik dan arus balik gratis. "Pemprov Jatim telah meyiapkan sebanyak 470 bus ditambah 50 bus dari Jasa Raharja dan 15 bus dari Pemkab Sidoarjo. Sisanya bekerja sama dengan pihak lain. Nantinya per bus mengangkut 55 penumpang dan akan mulai pemberangkatan pada H-4 sampai H-1," imbuh dia.

Selain mengangkut penumpang, Dishub dan LLAJ Jatim juga membuka pendaftaran untuk mengirimkan sepeda motor pemudik secara gratis. Diperkirakan ada 400 unit sepeda motor pemudik yang akan dipaketkan menggunakan jasa kargo kereta api.

"Paket motor pemudik gratis akan dikirimkan satu hari jelang Lebaran. Pendaftaran mudik motor ini dilaksanakan pada 27 Juni hingga tiket habis di kantor Dishub LLAJ Jatim. Syaratnya adalah menyerahkan foto kopi KTP dan STNK," pungkasnya.


(TTD)