Rasa Bangga Kim Jong-Un pada Pilot Jet Tempur Perempuan Pertama Korut

Fajar Nugraha    •    Selasa, 23 Jun 2015 12:03 WIB
kim jong-un
Rasa Bangga Kim Jong-Un pada Pilot Jet Tempur Perempuan Pertama Korut
Kim Jong-Un dan kedua pilot tempur perempuan Korut (Foto: KCNA)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un bangga dengan pencapaian seorang pilot jet tempur perempuan pertama negerinya. Dia menyebut pilot itu sebagai "bunga di langit".

Kantor berita Korut merilis foto menunjukkan Jong-Un yang memperhatikan sesi pelatihan pertama, dari dua pilot jet tempur supersonic perempuan pertama Korut.

Jong-Un memperhatikan saat Jo Kum-Hyang dan Rim Sol yang lepas landas dan mendarat dalam sebuah sesi latihan. Pemimpin muda Korut itu bahkan menyebut keduanya sebagai "bunga di langit".

Kedua pilot perempuan itu sebelumnya juga dipuji oleh Jon-Un ketika merampungkan pelatihan pada 2014. Dalam kedua kesempatan, putra dari Kim Jong-Il itu mengutarakan bahwa tantangan yang dihadapi oleh kedua pilot ini sangat berat karena mereka adalah perempuan.

"Penerbangan solo dari jet tempur supersonic yang sulit dilakukan oleh pria, berhasil dilakukan oleh dua pilot perempuan Korut. Kesuksesan mereka membuat kami bangga," ujar Kim Jong-Un, kepada kantor berita KCNA, seperti dikutip Yonhap, Selasa (23/6/2015).

Rilis foto tersebut dikeluarkan di saat seorang pembelot mengeluarkan peringatan bahwa Korut mampu melakukan serangan cyber dalam skala hebat.

Menurut Profesor Kim Heung-Kwang, militer Korut telah melatih sekitar 6.000 peretas militer yang disebut Biro 121.
   


(FJR)