Yu Suzuki: Shenmue III Butuh Dana USD10 Juta

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 23 Jun 2015 13:26 WIB
games
Yu Suzuki: Shenmue III Butuh Dana USD10 Juta
Shenmue III rencananya akan hadir di tahun 2017 mendatang

Metrotvnews.com: Shenmue III telah berhasil menggemparkan pameran E3 2015 kemarin. Pengembang Shenmue III, YSNet, juga berhasil meraup dana USD2 juta melalui Kickstarter hanya dalam waktu delapan jam saja.

Meskipun telah mencapai target yang ditetapkan, pembuat game Shenmue, Yu Suzuki, mengaku setidaknya membutuhkan dana sebesar USD10 juta untuk membuat Shenmue III sebagai game open-world.

Pernyataan tersebut tak terlalu mengejutkan karena pembuatan Shenmue pertama menghabiskan dana USD47 juta. Pertanyaannya, dari mana Yu Suzuki mendapatkan sisa dana yang dibutuhkannya? Seperti yang banyak diberitakan akhir-akhir ini, Sony adalah salah satu pihak yang turut mendukung dirilisnya Shenmue III.

Lantas apakah Sony mendapatkan keuntungan dari "berinvestasi" di Shenmue III? Jika menilik soal keuntungan, Sony tentu akan mendapat keuntungan dari penjualan Shenmue III versi PlayStation 4 yang diprediksi akan meledak saat dirilis tahun 2017 mendatang. Selain dari penjualan Shenmue III, Sony sepertinya tak akan mengambil keuntungan apa pun dalam bentuk yang lain.

Hal tersebut diungkapkan Cedric Biscay yang merupakan co-producer dari Shibuya Productions yang mengungkapkan bahwa Sony akan membantu YSNet untuk mengembangkan Shenmue versi PS4 dan membantu dalam hal promosinya. Pendekatan YSNet mirip dengan pengembang Star Citizen. Semakin banyak pihak yang mendukung melalui Kickstarter, tentunya akan semakin besar peluang investor untuk datang.

Kampanye penggalangan dana untuk Shenmue III di Kickstarter akan berakhir pada tanggal 17 Juli mendatang, dan game tersebut diperkirakan akan mengalahkan pemegang rekor Kickstarter untuk kategori game, yaitu Bloodstained: Ritual of the Night yang berhasil menggalang dana hingga USD5.5 juta. Shenmue III rencananya akan dirilis di dua platform, yaitu PC dan PS4. (PC GAMER)


(ABE)

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

7 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memberikan jawaban atas gugatan praperadilan Setya Nov…

BERITA LAINNYA