Hingga Lebaran, Pertamina Tambah Delivery Order BBM ke 8 Titik di Jatim

Amaluddin    •    Selasa, 23 Jun 2015 12:50 WIB
bbm bersubsidiramadan 2015
Hingga Lebaran, Pertamina Tambah Delivery Order BBM ke 8 Titik di Jatim
Petugas SPBU melayani pengisian BBM nonsubsidi jenis pertamax di Depok, MI/ Bary Fathahillah

Metrotvnews.com, Surabaya: Delapan titik rawan kemacetan distribusi bahan bakar minyak (BBM) dipetakan di Jawa Timur (Jatim). Sebagai antisipasi, PT Pertamina (Persero) pun menyediakan penambahan delivery order BBM ke delapan titik hingga Lebaran Idul Fitri.

Ada pun delapan titik itu meliputi Probolinggo, Kediri, Jember, Situbondo, Blitar, Bojonegoro, Trenggalek, dan Nganjuk. Delivery order BBM ke delapan titik tersebut berlangsung dalam waktu 24 jam.

Selain itu, Pertamina juga membentuk satuan tugas (satgas) untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi BBM di wilayah Jatim, Bali, dan wilayah Nusa Tenggara. Satgas bertugas mulai 2 Juli hingga 1 Agustus 2015.

"Kita tahu ketika menjelang Idul Fitri, permintaan BBM pasti mengalami kenaikan. Makanya harus diantisipasi sejak dini," kata GM Marketing Operation Region V Jawa Timur, Ageng Giriyono, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/6/2015).

Pada musim Lebaran, kata Ageng, kebutuhan BBM diperkirakan meningkat pada tujuh hari sebelum (H-7) hingga tujuh hari setelah Lebaran (H+7). Pertamina pun meningkatkan stok premium sebesar 30 persen menjadi 17.786 kiloliter (KL) per hari. Sementara konsumsi BBM di hari biasa sebesar 13.696 KL per hari.

"Kalau solar meskipun diprediksi terjadi penurunan karena larangan beroperasi bagi kendaraan berat, stok tetap disiagakan sesuai kebutuhan normal, yakni 5.857 KL per hari. Nah, kalau pertamax kita menambah stok 20 persen," lanjutnya.

Pertamina pun memerhatikan stok BBM jenis pertamax series dan pertamax dex di SPBU yang berada di jalur strategis arus mudik atau balik. Pertamina pun menginstruksikan SPBU menjual produk tersebut dalam bentuk kemasan.

"Untuk memastikan kelancaran suplai BBM/LPG itu, kami telah berkoordinasi dengan Hiswana Migas dan pihak eksternal lainnya seperti bank persepsi dan jajaran Polri/DLLAJR dan Otoritas Dermaga agar titik kemacetan itu lancar," pungkasnya.


(RRN)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

4 hours Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA