Pencabutan Izin Jadi Langkah Awal Penataan Sektor Perikanan

Antara    •    Selasa, 23 Jun 2015 13:08 WIB
perikanan
Pencabutan Izin Jadi Langkah Awal Penataan Sektor Perikanan
Illustrasi, (ANT, Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) Abdul Halim menuturkan pencabutan izin 15 perusahaan perikanan yang tergabung dalam empat grup perusahaan besar dapat menjadi langkah awal penataan sektor perikanan, dan bukan menjadi tujuan utama Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Abdul Halim mengatakan, KKP harus melakukan upaya lanjutan atas dugaan kejahatan perikanan yang telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan perikanan tersebut. Hal itu karena perusahaan tersebut tidak hanya merugikan negara dari sisi pemasukan pajak dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melainkan juga merugikan pekerjanya.

"Karena hal tersebut juga dinilai merugikan masyarakat nelayan yang dinilai terbatasi akses melautnya," kata dia di Jakarta, Selasa (23/6/2015).

Sebelumnya, pemerintah diberitakan akan mencabut izin 15 perusahaan perikanan yang terindikasi kuat melakukan sejumlah pelanggaran antara lain pemalsuan dokumen (kapal-kapal yang dimiliki pelaku usaha perikanan yang sudah berbendera Indonesia banyak yang teridentifikasi masih terdaftar di negara asal).

Pemalsuan dokumen dinilai memudahkan kapal tersebut mengeksploitasi sumber daya negara sebuah negara dengan cara menangkap ikan di negara tersebut, namun mendaratkan ikan di pelabuhan negara lainnya.

Sejumlah pelanggaran lainnya yang terindikasi dilanggar, misalnya double flagging (kapal mengibarkan bendera sebuah negara padahal kapal itu tidak terdaftar di negara yang benderanya dikibarkan). (MTVN/Arif W) 



(ABD)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

23 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA