Kurangi Biaya Produksi, Kementan Sumbang Alsintan ke Nganjuk

Husen Miftahudin    •    Selasa, 23 Jun 2015 13:09 WIB
kementan ads
Kurangi Biaya Produksi, Kementan Sumbang Alsintan ke Nganjuk
Mentan Amran saat panen raya padi di Desa Kepanjen, Pace, Nganjuk. FOTO: MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Nganjuk: Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot produktivitas pangan dalam negeri demi memenuhi kebutuhan nasional. Namun sayangnya, alat mesin pertanian (alsintan) yang dimiliki petani masih terbatas dan sulit genjot produktivitas pangan lokal.

Melihat kondisi tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman memberi bantuan alsintan berupa combine harvester dan traktor untuk Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Bantuan tersebut diberikan masing-masing berjumlah 18 unit baik untuk traktor dan combine harvester kepada seluruh petani di Kabupaten Nganjuk.

"Bantuan ini berdasarkan keunggulan komparatif daerah. Jadi Nganjuk ini unggul untuk komoditas prioritas pangan seperti padi, jagung, dan kedelai," ujar Amran, saat panen padi bersama dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) di Desa Kepanjen, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Selasa (23/6/2015).

Ia mengungkapkan, kebijakan pihaknya dalam menggenjot produksi adalah juga dengan memperbaiki keadaan infrastruktur pertanian seperti gajian dan uang perjalanan dinas kementerian ke luar kota.

"Karena dengan alsintan maka kita akan capai indeks penanaman yang bisa menghasilkan efisiensi produksi. Selain itu juga mampu menghemat biaya produksi pangan hingga 50 persen. Ini langkah pemerintah untuk lakukan efisiensi genjot produktivitias," pungkas Amran.


(AHL)