Diberi Waktu 1 Bulan, Publik Bisa Beri Informasi Soal Capim KPK

Yogi Bayu Aji    •    Selasa, 23 Jun 2015 13:15 WIB
pansel kpk
Diberi Waktu 1 Bulan, Publik Bisa Beri Informasi Soal Capim KPK
Destry Damayanti. Foto: Yudhi Mahatma/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Seleksi calon pimpinan KPK meminta masyarakat menginformasikan hal-hal terkait capim KPK. Pansel meminta tanggapan publik mulai 27 Juni hingga 28 Juli. 

"Masyarakat bisa memberi tanggapannya melalui email karena ada webnya nanti, ada juga bisa melalui SMS ada nomor hotline dan bisa dikirim pos," kata Ketua Pansel KPK Destry Damayanti kepada Metrotvnews.com, Selasa (23/6/2015).

Namun Destry belum bisa memberitahukan alamat email maupun telepon yang dia maksud. Hal itu, kata dia, akan diumumkan dalam waktu dekat. "Sedang kami siapkan. Semuanya masih dibahas. Nanti siang jam dua ada konferensi persnya," imbuh dia.

Adapun tanggapan yang dibutuhkan Pansel, kata dia, berupa rekan jejak para peserta seleksi. Hal ini termasuk bagaimana pandangan seseorang terhadap para calon nahkoda baru lembaga antikorupsi itu.

Sementara, pendaftaran seleksi KPK bakal ditutup pada Rabu 24 Juni besok. Sebanyak 217 nama sudah mendaftarkan diri mengikuti proses seleksi tersebut.

"Sampai sore tadi 217 yang sudah mendaftar," kata Juru Bicara Panitia Seleksi Capim KPK Betti Alisjahbana saat dikonfirmasi Senin 22 Juni malam

Menurut dia, dari 217 nama tersebut, empat belas di antaranya merupakan kaum Hawa. Namun, Betti belum mau mengumbar siapa saja srikandi antikorupsi yang berani mendaftar. "Empat belasnya perempuan," jelas dia singkat.

Pendaftaran seleksi capim KPK sudah mulai dibuka sejak 5 Juni lalu. Selama itu pula belum diketahui jelas siapa saja yang telah mendaftar.  Identitas para peserta seleksi baru akan diumumkan pada 27 Juni mendatang.

Pada 27 Juni-28 Juli, masyarakat bakal dimintai tanggapannya soal para calon yang maju. Hal ini dilakukan untuk mengetahui latar belakang para peserta seleksi yang bakal menahkodai lembaga antikorupsi.

Nama capim KPK hasil seleksi pun baru akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo pada 31 Agustus mendatang. Nama-nama tersebut nantinya bakal diberikan Presiden ke DPR untuk diuji kelayakan dan kepatutan.

Berikut tahapan pendaftaran seleksi capim KPK:

5-24 Juni, pendaftaran

27 Juni, pengumuman seleksi syarat administrasi

27 Juni-28 Juli, tanggapan masyarakat

4 Juli, makalah Tentang diri dan kompentensi

11 Juli, pengumuman hasil penilaian makalah

27-28 Juli, assessment

10 Agustus, pengumuman daftar pendek capim KPK

18 Agustus, tes kesehatan

24-27 Agustus, wawancara

31 Agustus, penyampaian laporan Panitia Seleksi KPK kepada Presiden.


(KRI)