Bantaran Kali Pakin dan Opak Jadi Ruang Terbuka Hijau

- 19 Maret 2013 22:58 wib
MI/Immanuel Antonius/ip
MI/Immanuel Antonius/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengerukan, pelebaran, dan penertiban bangunan di bantaran Sungai Pakin dan Opak di daerah Penjaringan, Jakarta Utara sepenuhnya akan dijadikan daerah terbuka hijau.

Demikian ditegaskan Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono saat tatap muka dengan warga penjaringan, di Kantor Kecamatan, Penjaringaan, Jakarta Utara, Selasa (19/3).

Bambang menjelaskan, banjir bandang yang melanda Jakarta secara khusus wilayah penjaringan beberapa waktu lalu mendorong Pemda untuk melakukan penertiban dengaan mengembalikan tata ruang wilayah yang selama ini sudah disalahgunakan warga.

"Kita masih ingat bagaimanaa Waduk Pluit bisa jebol. Salaah satunya karena dikooptasi warga. Waduk Pluit yang harusnya 80 hektare, jadi 60 hektare. Kali-kali yang tadinya bisa 10 meter, kini tinggal 0,2 meter karena dipakai warga. Oleh karena itu, Pemda sepakat untuk mengeruk dan mengembalikan luasnya semula," kata Bambang.

Dalam rencana tata ruang wilayah, kata dia, seluruh wilayah bantaran kali nantinyaa akan dijaadikan ruang terbuka hijau.

"Jadi kalau ada penertiban wilayah bantaaran kali, selain evaluasi banjir kemarin tentu untuk menata kota lebih rapih dan indah. Nanti wilayah bantaran kali akan jadi ruang terbuka hijau," jelasnya.

Bambang pun menambahkan, dalam rangka tata kota, tidak diperkenankan lagi adanya kampung kumuh atau kawasan ilegal. "Jadi semua ditertibkan. Ke depannya tidak ada lagi kampung kumuh atau kawasan ilegal, bahkan di situ ada masuk teroris, karena ga ada RT/RW-nya. Karena kita melacaknya susah," tandas dia.

Supri, salah seorang warga di bantaran Kali Opak, Jl Gedong Panjang menambahkan, wilayah itu memang dulunya taman bermain warga yang sekarang dipakai warga untuk tempat tinggal atau ruko.

"Masih sampai tahun 99, ini memang taman, belum jadi seperti ini. Tapi setelah itu sudah mulai berubah jadi banyak bangunan saat ini," katanya saat ditemui di Bantaran Kali Opak, Gedung Panjang, Penjaringan, Jaakarta Utara, Selasa (19/3). (Thomas Harming Suwarta)

()

Puluhan Orang Desak Rapimnas PPP Bubar

20 April 2014 00:10 wib

MASSA yang menggunakan helm itu langsung merangsek masuk ke lantai tiga kantor DPP PPP tempat Rapimnas…