Kabareskrim Benarkan Abraham Samad Dipanggil Sebagai Tersangka

Githa Farahdina    •    Rabu, 24 Jun 2015 09:36 WIB
abraham samad
Kabareskrim Benarkan Abraham Samad Dipanggil Sebagai Tersangka
Abraham Samad. Foto: Bary Fathahilah/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kabareskrim Polri Komjen Budi Waseso membenarkan Ketua nonaktif KPK Abraham Samad dipanggil hari ini. Samad akan diperiksa sebagai tersangka kasus 'rumah kaca'.

"Iya AS dijadwalkan diperiksa terkait kasus Rumah Kaca," kata Budi Waseso di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/6/2015). Menurut Budi, pemeriksaan dilakukan untuk melengkapi berkas perkara.

Pengacara Samad Saor Situmorang mengatakan, kliennya dipanggil guna diperiksa sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan kekuasaan atas laporan Direktur Eksekutif KPK Watch Indonesia, M Yusuf Sahide, Kamis 22 Januari silam ke Mabes Polri.

Berdasarkan laporan dalam surat pengaduan bernomor LP/75/I/2015/Bareskrim yang dilayangkan pada Jumat 22 Januari 2015, Yusuf menyebut Abraham Samad menjanjikan kemudahan perkara hukum yang tengah disidik KPK berkaitan dengan Emir Moeis, politikus PDI Perjuangan.

Laporan ini berbekal dua saksi, yakni Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan pengacaranya, serta tulisan berjudul 'Rumah Kaca Abraham Samad' di sebuah blog.

Hasto Kristiyanto mengaku sudah bertemu Samad sebanyak enam kali. Di pertemuan awal, Hasto mengaku kaget. Itu karena Samad mengatakan berkat dirinya, hukuman seorang kader PDI Perjuangan yang terjerat kasus korupsi relatif ringan. Diduga yang dimaksud Samad adalah Emir Moeis yang divonis tiga tahun penjara.

"Ada saksi hidup yang menyertai saya. (Mendengar pernyataan Samad itu) ada kekagetan dalam diri saya," kata Hasto kepada Metro TV, Kamis 22 Januari lalu. 


(KRI)