KPK Panggil Bekas Wali Kota Makassar Sebagai Tersangka

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 24 Jun 2015 11:23 WIB
kasus korupsi
 KPK Panggil Bekas Wali Kota Makassar Sebagai Tersangka
Ilustrasi Foto: Antara/Dok

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memanggil bekas Wali Kota Makassar llham Arief Sirajuddin (IAS), dalam kasus dugaan korupsi mengenai instalasi pengolahan air PDAM Makassar. Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan Ilham Arief sebagai tersangka.

"IAS diperiksa sebagai tersangka," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, di Jakarta, Rabu (24/6/2015). Sejauh ini Ilham belum tampak di gedung lembaga antirasuah ini.

Seperti diketahui, KPK telah mengeluarkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) baru atas nama Ilham Arief setelah Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) mengabulkan permohonan Ilham. Pemanggilan Ilham Arief ini yang perdana pascakekalahan KPK dalam praperadilan yang diajukan bekas Wali Kota Makassar di PN Jaksel.

Penyidik akan mengulang kembali proses pengusutan dugaan korupsi dalam pelaksanaan kerjasama rehabilitasi dan transfer kelola air di PDAM Makassar dengan tersangka Ilham Arief Sirajuddin. Karena Sprindik lama terkait kasus ini telah dibatalkan PN Jaksel.

Dalam kasus ini Ilham Arief disangkakan melanggar Pasal 2 Ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana.


(MBM)