Pesawat Keliling Dunia Batal Tinggalkan Jepang

Willy Haryono    •    Rabu, 24 Jun 2015 11:36 WIB
penerbangan dunia
Pesawat Keliling Dunia Batal Tinggalkan Jepang
Pesawat Solar Impulse 2 didorong kembali menuju hangar setelah batal terbang dari Nagoya, Jepang, Rabu (24/6/2015). AFP / TOSHIFUMI KITAMURA

Metrotvnews.com, Nagoya: Pesawat keliling dunia Solar Impulse 2 kembali terparkir di hangar setelah batal lepas landas dari Nagoya, Jepang, Rabu (24/6/2015).

Solar Impulse 2 dijadwalkan meninggalkan Nagoya menuju Hawaii, Amerika Serikat, pada pukul 02.30 dini hari waktu setempat. Namun setelah melihat prediksi meteorologi, kepala misi penerbangan memutuskan membatalkannya. 

"Penerbangan dibatalkan karena kondisi cuaca di sekitar Hawaii. Cuacanya dingin. Prioritas kami adalah keselamatan pilot dan pesawat," ucap juru bicara Elke Neumann kepada awak media di Nagoya, seperti dilansir AFP

Setelah keluar dari kokpit, pilot Solar Impulse 2 Andre Borschberg mengaku "sangat kecewa," namun membatalkannya merupakan keputusan terbaik. 

"Kami sedang mencari cara agar penerbangan ini bisa berjalan lancar, tapi tidak sampai memaksakannya," ujar dia. "Cuaca di Pasifik sangat tidak stabil."

Pertama kalinya Solar Impulse 2 mengudara adalah dari Abu Dhabi, dalam upaya mengelilingi dunia hanya dengan bermodalkan energi matahari.



(WIL)