Kemenkeu-KPK Sepakati Pencanangan Program Pengendalian Gratifikasi

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 24 Jun 2015 11:44 WIB
gratifikasi
Kemenkeu-KPK Sepakati Pencanangan Program Pengendalian Gratifikasi
Suasana penandatanganan Pencanangan Program Pengendalian Gratifikasi (Foto: MTVN/Suci Sedya Utami)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menandatangani komitmen bersama mengenai Pencanangan Program Pengendalian Gratifikasi. Kemenkeu berharap agar seluruh pegawai mewaspadai gratifikasi.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengapresiasi pegawai yang menjunjung tinggi pengendalian gratifikasi. Namun, menurutnya, masih ada pekerjaan rumah yang besar untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat pada pegawai pemerintahan yang dinilai buruk. Oleh karenanya, Bambang mengimbau agar jajarannya mewaspadai gratifikasi.

"Saya harap kita aware dengan pandangan masyarakat terhadap kita. Sepatutnya kita terus berbenah sebagai diri yang bebas korupsi," kata Bambang, dalam sambutannya, di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2015).

Untuk itu, menurut Bambang, perlu ada komitmen yang tegas dan harus dijaga dalam pengendalian gratifikasi. Komitmen itu telah dibuktikan dalam bentuk penerbitan Peraturan Menteri Keuangan No.83/PMK.01/2015 tentang pengendalian wujud korupsi dalam bentuk gratifikasi di lingkungan Kementerian Keuangan.

Dalam acara penandatanganan komitmen kali ini, dihadiri pula oleh Plt Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, Ketua Ombudsman Danang Girindrawardan, Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Yuddy Chrisnandi, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, dan Pejabat Eselon I Kementerian Keuangan.


(ABD)