400 Motor Pemudik Jawa Timur akan Dikirim Gratis

Amaluddin    •    Rabu, 24 Jun 2015 11:52 WIB
mudik lebaran 2015
400 Motor Pemudik Jawa Timur akan Dikirim Gratis
Foto: Ilustrasi pengiriman paket motor gratis/MTVN_Bambang Mujiono

Metrotvnews.com, Surabaya: Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Provinsi Jawa Timur bersama Pemerintah Jawa Timur akan mengirimkan sepeda motor pemudik secara gratis pada Lebaran 2015. Ada 8 truk yang disiapkan untuk mengangkut sepeda motor pemudik itu.

"Nanti keberangkatannya kami samakan dengan keberangkatan bus gratis. Sehingga yang kampungnya jauh silakan orangnya naik bus gratis, sepeda motor dititipkan truk, nanti ketemu di kota tujuan," kata Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur, Wahid Wahyudi, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/6/2015).

Wahyudi mengatakan 8 truk itu dapat mengangkut 400 motor. Truk itu akan mengangkut motor pemudik tujuan Jember, Banyuwangi, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan Madiun. Rencananya, motor pemudik itu akan diberangkatkan pada lima hari sebelum Lebaran.

"Tidak perlu khawatir mudik dengan kendaraannya. Silakan daftarkan diri di Kantor Dishub Jatim, Jalan Ahmad Yani, Nomor 268, Surabaya, mulai 27 Juni sampai tiket habis. Untuk pemudik, syaratnya cukup membawa foto kopi KTP dan KK. Sedangkan untuk sepeda motor, syaratnya membawa foto kopi STNK dan KTP. Nantinya, sepeda motor dinaikkan ke truk dan si pemilik (motor) naik bus dan akan dihantar sampai kota tujuan," ujarnya.

Tahun ini, Pemerintah Jawa Timur menyediakan angkutan mudik gratis. Sebanyak 470 bus dan 14 jurusan kereta api disiapkan untuk pemudik secara gratis. Sebanyak 89 ribu tiket kereta api gratis disiapkan.

"Semua jurusan dari Surabaya-Madiun, Surabaya-Bojonegoro, Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Malang-Blitar. Total 14 train set dikali 14 perjalanan." imbuh dia.

Begitu pula dengan angkutan laut. Ada 3 kapal gratis disiapkan untuk pemudik. "Dari Surabaya-Masalembu, Banyuwangi-Sapeken, dan Kalianget-Kangean. Dengan frekuensi 12 kali trip. Nanti berangkat H-10," ujarnya.

Total penumpang yang dapat diangkut dalam program mudik gratis ini ada 153 ribu orang. Tujuannya agar masyarakat kurang mampu dapat kembali ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.


(TTD)