Sejumlah Menlu Eropa Desak Gencatan Senjata di Ukraina

Willy Haryono    •    Rabu, 24 Jun 2015 11:54 WIB
krisis ukraina
Sejumlah Menlu Eropa Desak Gencatan Senjata di Ukraina
Prajurit relawan Ukraina berpatroli di kawasan Lugansk yang dikuasai separatis pro Rusia, 28 Januari 2015. AFP / ANATOLII BOIKO

Metrotvnews.com, Paris: Menteri Luar Negeri Rusia, Ukraina, Prancis dan Jerman mendesak segera diterapkannya gencatan senjata di wilayah timur Ukraina. 

"Kami mengekspresikan kekhawatiran kami terkait situasi keamanan di Donbass," ucap para menteri, merujuk pada area konflik bersenjata di timur Ukraina. 

"Kami meminta segera ada penurunan ketegangan dan gencatan senjata yang dapat memungkinkan adanya perkembangan dunia politik, kemanusiaan dan sosial ekonomi," sambung mereka, dalam sebuah pernyataan gabungan di Paris, Prancis, seperti dikutip AFP, Selasa (23/6/2015). 

Para menteri berdatangan ke Paris seiring memburuknya situasi keamanan di timur Ukraina. Walau gencatan senjata sudah dibuat di Minsk pada Februari, pelanggaran demi pelanggaran terus terjadi. 

Untuk menurunkan ketegangan, keempat menteri mendesak semua kubu untuk menarik persenjataan berat dan melakukan pertukaran tahanan. 

Konflik bersenjata di timur Ukraina yang sudah berjalan 15 bulan telah menewaskan 6.500 orang. 


(WIL)