Test Ride

Merasakan Performa Yamaha MT-25, Torsi Berlimpah

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 24 Jun 2015 11:49 WIB
yamahatest ride
Merasakan Performa Yamaha MT-25, Torsi Berlimpah
Merasakan performa Yamaha MT-25, torsinya sangat melimpah. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum lama ini menghadirkan naked bike terbaru mereka, yakni MT-25. Motor ini merupakan salah satu yang tengah ditunggu-tunggu pecinta roda dua tanah air.

Mengusung nama MT yang berarti Master of Torque, motor ini rupanya memiliki torsi melimpah dari mesin 250 cc miliknya. Terdapat perbedaan setup ECU jika dibandingkan dengan YZF-R25, yang merupakan versi full fairing.

Merasakan duduk di atasnya sepintas teringat dengan Yamaha Byson, model setang, saklar kiri kanan hingga bentuk tangki dengan shroud besar mirip dengan saudara satu pabriknya itu.

Tekan tombol start, deru mesin yang sama dengan YZF-R25 pun halus terdengar. Pastinya karena memang kedua motor ini dibangun dari basis yang sama dan sama-sama produk global yang diproduksi Yamaha Indonesia.

Mulai berjalan perlahan, benar juga. Seperti menggunakan YZF-R25 hanya saja dalam kemasan yang lebih ringkas, membuatnya lebih lincah bermanuver, selap-selip, putar arah hingga menikung patah mudah dilakukan.

Ayunan suspensi yang empuk dan stabil dipakai menikung juga terasa pada MT-25. Hanya merepotkan ketika bertemu jalan bergelombang, ayunan suspensi khususnya belakang sangat terasa.

Tapi ketika dipakai berakselerasi, disini baru terasa bedanya. Meski pada data spesifikasi, baik MT-25 dan YZF-R25 sama-sama mencantumkan torsi maksimum 22,6 Nm dicapai 10.000 rpm, kenyatanya justru berbeda.

MT-25 sudah menghasilkan torsi melimpah sejak putaran mesin rendah hingga menengah, beda dengan YZF-R25 yang mulai terasa diputaran tengah hingga atas. Dengan bobot motor lebih ringan, melakukan wheelie pun lebih mudah menggunakan MT-25.

Torsi melimpah pada putaran mesin rendah menggambarkan Yamaha ingin membuat naked bike barunya ini mudah dipakai di kota-kota besar. Lantaran pada kondisi itulah terjadi lalu lintas stop and go. Tapi bukan berarti tak layak untuk dipakai menempuh perjalanan jarak jauh. Mengenai konsumsi bahan bakar, tercatat 25,7 kilometer per liter berdasarkan indikator di spidometer.

Namun ada sedikit bagian yang mungkin kurang enak dipandang bagi bikers berkarakter perfeksionis. Yaitu posisi klakson yang berada tepat di bawah lampu utama. Secara estetika agak mengganggu pandangan, rasanya lebih baik jika meletakkannya di balik cover tangki bahan bakar.

Posisi klakson di bawah head lamp, estetika sedikit terganggu

Yamaha menawarkan MT-25 dalam tiga pilihan warna, yakni black strike, silver blue dan red rage. Harga jualnya mencapai Rp46 juta untuk wilayah Jakarta. Tertarik meminangnya?

Data Spesifikasi
Tipe mesin    : 4-tak, DOHC 8-Valves
Kapasitas mesin    : 249 cc
Sistem Pendingin: Liquid Cooled
Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection System
Sistem Starter     : Electric Starter
Torsi Maksimum     : 22,6 Nm/10.000 rpm
Daya Maksimum     : 35,3 Hp/12.000 rpm
Rasio Kompresi     : 11,6 : 1
Bore x Stroke     : 60 mm x 44,1 mm
Transmisi     : Manual 6 Speed
Girboks     : 6 percepatan
Kopling     : Wet Multi Plate
Dimensi (PxLxT)    : 2.090 x 720 x 1.135 mm
Kapasitas BBM    : 15 liter
Suspensi Depan     : Telescopic Fork (41 mm)
Suspensi Belakang: Monocross
Rem Depan     : Semi floating disc
Rem Belakang     : Single disc brake
Ban Depan     : 110/70 – 17?54h
Ban Belakang     : 140/70 – 17M/C (66s)


(UDA)