18 Orang Tewas di Tiongkok, Etnis Uighur Dituduh Pelaku

Fajar Nugraha    •    Rabu, 24 Jun 2015 12:42 WIB
tiongkok
18 Orang Tewas di Tiongkok, Etnis Uighur Dituduh Pelaku
Tentara Tiongkok lakukan penjagaan di Xinjiang (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Xinjiang: Sekitar 18 orang tewas setelah sekelompok orang melakukan serangan terhadap polisi dengan pisau dan bom. Etnis Uighur dituduh sebagai pelaku serangan ini.

Serangan terjadi pada Senin (22/6/2015) lalu di Kota Kasghar, Xinjiang. Di tempat ini kerap terjadi ketegangan antara etnis Uighur dengan kelompok etnos Han.

Sementara insiden ini berlangsung ketika pelaku menghantam pos pemeriksaan yang rama di Distrik Tahtakoruk, Kashgar. Usai melakukan aksi tabrak, pelaku menyerang anggota polisi dengan pisau dan bom.

"Polisi yang berada di lokasi kejadian langsung mengambil langkah untuk merespons. 15 orang tewas dalam serangan balasan dari pihak kepolisian," lapor Radio Free Asia, melalui keterangan warga bernama Turghun Memet, seperti dikutip Reuters, Rabu (24/6/2015)

Serangan yang terjadi di Bulan Ramadan ini, makin mempersulit kondisi Xinjiang yang sensitif akan ketegangan antar etnis. Sementara pihak berwenang Tiongkok menyebut peristiwa itu sebagai tindakan teroris.

Wilayah Xinjiang sempat diwarnai kekerasan etnis yang menyebabkan ratusan orang menjadi korban. Menurut para aktivis Uighur yang berada di pengasingan, tindakan keras yang terjadi saat ini merupakan imbas sikap represif pemerintah yang mengendalikan budaya Uighur dan agama Islam yang mereka yakini.


(FJR)