Piala Dunia Wanita 2015

Piala Dunia Wanita 2015: Tiga Wakil Asia Maju ke Perempat Final

Achmad Firdaus    •    Rabu, 24 Jun 2015 12:59 WIB
piala dunia wanita 2015
Piala Dunia Wanita 2015: Tiga Wakil Asia Maju ke Perempat Final
Pemain Jepang Saori Ariyoshi (no.19) saat merayakan gol ke gawang Belanda di babak 16 besar Piala Dunia Wanita 2015 (Foto: Dok.FIFA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ajang Piala Dunia Wanita 2015 mementahkan opini yang menyebut negara-negara Asia hanyalah tim pelengkap. Ini dibuktikan dengan keberhasilan tiga wakil Asia menembus babak perempat final.

Australia, Tiongkok, dan juara bertahan Jepang merupakan tim-tim yang sejauh ini masih terus menjaga gengsi benua Asia di kancah persepakbolaan wanita dunia. Ketiga tim di atas tampil cukup apik mulai dari babak penyisihan grup, dan kemudian menyingkirkan lawan-lawan mereka di babak 16 besar.


(Skuat Timnas Wanita Jepang/Dok.FIFA)

Jepang tampil sempurna di babak penyisihan grup di mana mereka sukses menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan. Tiket perempat final diraih Jepang usai menaklukkan Belanda 2-1 di babak 16 besar.


(Para pemain Tiongkok saat merayakan kemenangan atas Kamerun/Dok.FIFA)

Negara tetangga Jepang, Tiongkok juga mencetak hasil impresif di Piala Dunia kali ini. Lolos dari penyisihan grup sebagai runner-up, Tiongkok terus menjaga asa jadi juara dengan membungkam Kamerun 1-0 dan lolos ke perempat final.


(Skuat Timnas Wanita Australia/Dok. FIFA)

Negara Asia terakhir yang memastikan diri maju ke babak delapan besar ialah Australia. Tim Negeri Kanguru yang sejak awal tidak diunggulkan, sukses membuat kejutan besar dengan menyingkirkan favorit juara, Brasil dengan skor tipis 1-0.

Sayangnya, di babak perempat final nanti, Australia harus saling bunuh dengan wakil Asia lainnya, Jepang, 27 Juni 2015. Sementara itu, Tiongkok akan menghadapi tim kuat, Amerika Serikat.

Secara keseluruhan, Asia mengirimkan lima wakilnya ke Piala Dunia Wanita 2015 yang digelar di Kanada. Sayangnya, Korea Selatan dan Thailand tidak mampu berbicara banyak di tahun ini.

Korsel harus tersingkir di babak 16 besar usai ditumbangkan Prancis (3-0). Sedangkan Thailand tak mampu lolos dari penyisihan grup lantaran hanya menempati posisi tiga (1 menang dan 2 kalah) dalam persaingannya dengan Jerman, Norwegia dan Pantai Gading di Grup B.

Berikut jadwal lengkap babak perempat final Piala Dunia Wanita 2015:

Sabtu 27 Juni 2015 dini hari WIB:

03:00 WIB: Jerman vs Prancis (Olympic Stadium, Montreal)
06:30 WIB: Tiongkok vs Amerika Serikat (Landsdowne Stadium, Ottawa)

Minggu 28 Juni 2015 dini hari WIB:
03:00 WIB: Australia vs Jepang (Commonwealth Stadium, Edmonton)
06:30 WIB: Inggris vs Kanada (BC Place, Vancouver)


(ACF)