Ada 121 Perlintasan Kereta di Cikampek-Prupuk Tak Berpalang Pintu

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 24 Jun 2015 14:29 WIB
mudik lebaran 2015
Ada 121 Perlintasan Kereta di Cikampek-Prupuk Tak Berpalang Pintu
Foto: Ilustrasi/Ant_Michael Siahaan

Metrotvnews.com, Cirebon: Para pengendara yang melewati jalur Pantai Utara (Pantura) dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya Cikampek, Karawang hingga Prupuk, Jawa Tengah, harap berhati-hati. Ada 121 perlintasan kereta api tak berpalang pintu di sepanjang jalan itu.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 3 Cirebon, Jawa Barat, mencatat ada 212 perlintasan kereta api di sepanjang Cikampek hingga Prupuk. Namun hanya 71 perlintasan yang dijaga petugas.

"Total ada 212 Perlintasan. Yang tidak dijaga ada 121 perlintasan sedangkan perlintasan liar ada 20 perlintasan," kata Kepala Hubungan Masyarakat Daop 3 Cirebon, Supriyanto, Rabu (24/6/2015).

Di perlintasan kereta tak berpalang pintu itu kerap terjadi kecelakaan lalu lintas. PT KAI pun memasang spanduk peringatan kepada pengguna jalan agar lebih hati-hati saat melintas.

"Untuk mengingatkan pengguna jalan akan kami pasang spanduk-spanduk peringatan agar berhati-hati ketika melintasi jalur kereta api tanpa palang pintu," ujar Supriyanto.

Ia pun mengimbau kepada pemudik Lebaran 2015 ini lebih hati-hati. Sebab wilayah Cirebon merupakan titik pertemuan jalur utara dan selatan sehingga menjadikan wilayah ini salah satu jalur tersibuk yang akan dilalui kereta api.

"Terutama untuk warga yang akan melewati wilayah Cirebon. Karena di Cirebon paling tinggi angka perjalanannya pada saat arus mudik," pungkasnya.

 


(TTD)