KPK Siapkan Draft Revisi UU ke DPR

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 24 Jun 2015 14:44 WIB
revisi uu kpk
KPK Siapkan Draft Revisi UU ke DPR
Plt Ketua KPK Taufiequrrachman Ruki---MI/M Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana tugas (Plt) Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiequrachman Ruki menghormati keputusan DPR yang menyetujui revisi Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK masuk Produk legislasi nasional (Prolegnas) prioritas tahun 2015. KPK akan menyiapkan sebuah draft revisi UU KPK, agar tidak ada pelemahan terhadap KPK.

"Draft kemudian dijadikan usulan resmi KPK atau pemerintah dan kita usahakan agar konsep itu yang dibahas dan dimasukan sebagai revisi," kata Ruki dalam pesan singkat kepada wartawan, Rabu (24/6/2015).

Ia menegaskan KPK akan menolak koreksi atau revisi yang bertujuan melemahkan komisi antirasywah itu. Apalagi, jika kemudian revisi membatasi seluruh kewenangan KPK dalam menjerat koruptor.

"Setiap konsep yang mengandung lebih tujuan pelemahan dan pengurangan kewenangan harus kita tolak," tegas dia.

Seperti diketahui, revisi UU KPK menjadi prioritas dengan menggesar revisi UU tentang Penyimpanan Keuangan Pusat dan Daerah yang digeser jadi tahun depan.

"Revisi undang-undang atas perubahan Undang-undang nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK masuk Prolegnas Prioritas Tahun 2015," kata Ketua Badan Legislasi DPR Sareh Wiyono, di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, 23 Juni kemarin.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. 


(TII)