Bus Kopaja Tua akan Dimusnahkan

Wanda Indana    •    Rabu, 24 Jun 2015 15:33 WIB
transjakarta
Bus Kopaja Tua akan Dimusnahkan
ilustrasi. (Foto:MI/Immanuel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Koperasi Angkutan Jakarta (Kopaja) akan merevitalisasi semua bus agar memenuhi standar TransJakarta. Sebab, dari 1.470 unit bushanya 300 unit yang memenuhi syarat bergabung ke TransJakarta.
 
Ketua Umum Kopaja Nanang Basuki mengatakan, pihaknya akan terus melakukan peremajaan bus-bus agar dapat masuk ke dalam manajemen TransJakarta menerapkan sistem rupiah per kilometer. Kata Nanang, spesifikasi bus kopaja akan sama dengan bus TransJakarta. 
 
"Secara bertahap akan diremajakan, diganti dengan bus yang baru. Nanti setelah peremajaan, bus lama akan hilang secara bertahap. Peremajaan ini lebih lengkap, harus ada sensor terus standar GPS.  Baru prototipe supaya siap diperiksa," kata Nanang.
 
Sopir Kopaja yang bergabung dengan TransJakarta akan digaji dua kali Upah Minimum Provinsi (UMP). Dengan begitu, mereka tidak akan kebut-kebutan, karena tidak mengejar setoran.
 
Seperti diketahui, pengurus Kopaja telah menemui Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Mereka membahas perihal revitalisasi angkutan umum Jakarta dan integrasi Kopaja dengan Transjakarta.
 
Kopaja siap menerapkan sistem rupiah per kilo meter seperti yang diminta Pemerintah DKI. Namun, belum ada kesepakatan besaran tarif rupiah per kilo meter. Realisasi kerjasama ini rencananya akan dimulai bulan depan.


(FZN)