17 Tahun Mengabdi, Pujobroto: Saatnya Generasi Muda Majukan Garuda

Angga Bratadharma    •    Rabu, 24 Jun 2015 15:40 WIB
garuda indonesia
17 Tahun Mengabdi, Pujobroto: Saatnya Generasi Muda Majukan Garuda
Pujobroto (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi wartawan dan wartawati yang biasa melakukan peliputan di desk perhubungan, utamanya meliput PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mungkin sudah tak asing lagi dengan VP Corporate Communications Garuda Pujobroto. Sebagai juru bicara Garuda Indonesia, Pujobroto tentu akrab dengan awak media.

Dalam tiap kegiatan Garuda Indonesia yang melibatkan sejumlah awak media sudah pasti Pujobroto tampak mengawal. Tak jarang Pujobroto juga sering menjadi narasumber untuk menanyakan suatu hal yang berkaitan dengan operasional dan laporan kinerja Garuda Indonesia.

Namun, kabar mengejutkan datang ketika sepucuk surat sampai ke redaksi ekonomi Metrotvnews.com, di mana isi surat elektronik tersebut adalah surat pemberitahuan bahwa Pujobroto telah meninggalkan maskapai terbesar di Indonesia itu. Setidaknya, Pujobroto mulai tidak efektif Senin 22 Juni.

"Saya sudah lama berada di Garuda Indonesia, utamanya sebagai humas Garuda Indonesia. Saya tidak efektif mulai Senin kemarin (22 Juni)," ungkap Pujobroto, ketika dihubungi Metrotvnews.com, di Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Pria yang sudah memulai karirnya sejak 1988 ini sempat bercerita pengalamannya di Garuda Indonesia. "Saya sudah 17 tahun berada di Garuda Indonesia. Dari 1988 sampai 2015. Saya sudah beberapa desk di Garuda Indonesia. Dari Garuda Indonesia sebagai maskapai tidak dipercaya karena penerbangan sering terlambat hingga sekarang sudah dikenal di dunia internasional," ujarnya.

Tentu berat bagi seseorang yang sudah mengabdi begitu lama di suatu perusahaan. Apalagi, seorang Pujobroto telah mengabdi selama 17 tahun di Garuda Indonesia. Namun demikian, Pujobroto tampaknya bulat untuk mengundurkan diri sebagai juru bicara Garuda Indonesia itu.

"Saya sudah jadi juru bicara itu sejak Direktur Utama Garuda Indonesia dipegang Robby Djohan hingga terakhir direktur utama sekarang ini," ungkap Pujobroto.

Dalam kesempatan itu, Pujobroto mengaku, alasan pengunduran dirinya sebagai VP Corporate Communication Garuda Indonesia dikarenakan dirinya ingin memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk memajukan Garuda Indonesia lebih baik lagi di masa-masa mendatang.

"Sebenarnya saya itu masih efektif sampai Desember 2015. Tapi, Senin kemarin saya sudah tidak aktif dan undur diri. Saya memberikan kesempatan kepada mereka yang lebih muda untuk memajukan Garuda Indonesia," ujar Pujobroto.

Dalam perjalanan karirnya, Pujobroto tentu telah melihat berbagai macam perubahan yang terjadi di Garuda Indonesia. Dirinya sendiri telah melihat Garuda Indonesia mengubah dari maskapai penerbangan yang sering dipandang buruk karena penerbangan sering terlambat dan lain-lain, namun kini sudah menjadi maskapai yang terkenal di dunia internasional.

"Garuda Indonesia sudah banyak perubahan sekarang ini," singkatnya.

Walau sudah tak lagi di Garuda Indonesia, namun Pujobroto berharap agar ke depannya Garuda Indonesia bisa mempertahankan apa yang sudah ada sekarang ini, bahkan dirinya berharap apa  yang sudah dicapai bisa ditingkatkan lagi di masa-masa yang akan datang. Hal ini lantaran persaingan di industri penerbangan sudah begitu ketat dan tuntutan dari para penumpang semakin tinggi.

"Garuda Indonesia yang sekarang ini sudah besar, sudah dikenal di dunia internasional, dan memiliki banyak perubahan harus dipertahankan bahkan ditingkatkan ke depannya. Sebuah kebanggaan Garuda Indonesia menjadi dikenal di dunia internasional," pungkas Pujobroto.


(ABD)