DKI Targetkan Seluruh Kopaja Dibayar Rupiah per Kilometer Tahun Depan

Wanda Indana    •    Rabu, 24 Jun 2015 15:48 WIB
transjakarta
DKI Targetkan Seluruh Kopaja Dibayar Rupiah per Kilometer Tahun Depan
Kopaja di jalur TransJakarta. (Foto: MI/Immanuel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan seluruh bus Kopaja sudah menerapkan rupiah per kilometer pada akhir 2016. Sistem pembayaran Kopaja yang terintegrasi TrasnJakarta akan menggunakan transaksi elektronik menggunakan kartu khusus seperti e-money.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menghitung dan menentukan besaran tarif rupiah per kilometer.

"Kami targetkan semua selesai akhir 2016 akhir. Termasuk tiket, nanti kita akan hitung rupiah per kilometer," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2015).
 
Mantan Bupati Belitung Timur mengatakan, dirinya membuka peluang bagi operator bus lainnya untuk bergabung ke TransJakarta. Upaya itu dilakukan agar tidak ada lagi bus tua beroperasi di jalanan, tidak ada lagi bus yang ngetem di bahu jalan, dan sopir Kopaja yang ugal-ugalan.
 
"Gabung satu manajer. Kami tawarkan di luar kopaja kalau ada bus pribadi yang di manajemen enggak jelas, silahkan gabung," tukasnya.
 
Seperti diketahui, pengurus Kopaja telah menemui Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Mereka membahas perihal revitalisasi angkutan umum Jakarta dan integrasi Kopaja dengan Transjakarta.
 
Kopaja siap menerapkan sistem rupiah per kilo meter seperti yang diminta Pemerintah DKI. Namun, belum ada kesepakatan besaran tarif rupiah per kilo meter. Realisasi kerjasama ini rencananya akan dimulai bulan depan.
(FZN)