Bus Sekolah Dihapus, Pelajar Gratis Naik TransJakarta

Wanda Indana    •    Rabu, 24 Jun 2015 15:59 WIB
transjakarta
Bus Sekolah Dihapus, Pelajar Gratis Naik TransJakarta
Bus sekolah (Foto:Antara/Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama akan menghentikan layanan bus sekolah gratis. Sebab bus sekolah gratis tidak efektif. 
 
"Bus sekolah mau saya hilangkan. Orang miskin juga gak ada yang naik itu," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2015).
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu menjelaskan, meski layanan bus sekolah gratis dihapus, nantinya para pelajar ‎bisa menggunakan bus TransJakarta secara gratis dengan menunjukkan Kartu Jakarta Pintar (KJP).
 
"Nanti pelajar naik TransJakarta nggak usah bayar lagi, tinggal tempel (tap kartu). Kalau dulu waktu saya sekolah harus ke Lapangan Banteng beli karcis bus. Nanti kalau rupiah per kilo meter sudah diterapkan, kami tinggal subsidi saja. Dia (pelajar) tinggal tunjuki KJP atau pake seragam tidak perlu bayar," jelas Ahok.
 
Suami Veronica Tan itu menargetkan, penghentian layanan bus sekolah gratis dilakukan pada 2016 mendatang, setelah pemprov DKI memiliki transportasi publik yang memadai,"Saya pikir kalau sudah beli bus, tahun depan bisa mulai (penghapusan bus sekolah)," tegas Ahok.


(FZN)