Manfaat Nanas Bagi Tubuh

   •    Rabu, 24 Jun 2015 16:17 WIB
kesehatan
Manfaat Nanas Bagi Tubuh
Nanas memberi banyak manfaat bagi tubuh. (foto:healthyfig.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kaya dengan vitamin A dan C, serat, kalium, fosfor dan kalsium, nanas menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Bagian terbaik tentang buah manis, asin dan tajam ini yaitu fleksibilitas. Nanas bisa diolah menjadi sebuah jus, salad buah dan makanan penutup lainnya. Berikut manfaat dari buah nanas.

- Mencegah kerusakan radikal bebas

Kerusakan radikal bebas dalam sel telah dikaitkan dengan berbagai penyakit termasuk kanker, asma, arthritis, penyakit jantung dan banyak gangguan inflamasi yang lebih serius. Kaya akan antioksidan, buah unik ini dapat bekerja sebagai pertahanan tubuh, melindungi dari radikal merusak. Biasanya, tubuh dapat menangani radikal bebas, tapi kerusakan dapat terjadi jika antioksidan tidak hadir, atau jika produksi radikal bebas menjadi ekstrim.

- Meningkatkan pencernaan

Kaya bromelain, vitamin C dan serat makanan, nanas bertindak sebagai tonik dan meredakan banyak gangguan pencernaan. Enzim bromelain pencernaan bekerja untuk membantu sistem pencernaan memecah makanan dan menyerap protein. Setengah gelas jus nanas diambil setelah makan mendapatkan banyak keajaiban bagi orang yang menderita pencernaan yang buruk.

- Membantu dalam menyembuhkan dingin & batuk

Bromelain juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam memerangi infeksi mikroba. Jus nanas segar membantu dalam menenangkan sakit tenggorokan, dan membantu tubuh mengeluarkan lendir mudah. Selain itu, jus lima kali lebih efektif daripada sirup obat batuk.

- Membantu dalam penguatan tulang

Nanas membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang. Kehadiran mangan dalam buah nanas meningkatkan kekuatan tulang dan mengurangi risiko masalah kerusakan tulang seperti osteoporosis. Mangan sangat penting dalam mengembangkan tulang yang kuat dan jaringan ikat.

- Meningkatkan kesehatan mulut

Jus nanas dalam makanan sehari-hari meningkatkan kesehatan mulut yang baik. Vitamin C dalam jus membantu dalam memperkuat gusi, menjaga gigi sehat dan kuat. Juga, buah tropis ini membantu dalam membatasi pembentukan plak dan penyakit gusi lainnya.

- Meningkatkan penglihatan

Beta-karoten dan vitamin A dalam jus nanas segar membantu dalam meningkatkan penglihatan. Hal ini juga mengurangi risiko degenerasi makula, gangguan di mana orang dewasa kehilangan penglihatan mata mereka, tidak dapat membaca dan mengidentifikasi hal-hal dengan benar.

- Mencegah hipertensi

Segelas jus nanas segar sangat penting dalam diet orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi. Jumlah yang lebih tinggi kalium dan jumlah yang lebih rendah dari natrium dalam bantuan buah dalam menjaga tingkat tekanan darah normal.

- Meningkatkan kulit sehat

Kehadiran vitamin C dalam nanas tidak hanya membantu dalam berurusan dengan jerawat dan kondisi kulit inflamasi lainnya, tetapi juga membuat kulit sehat serta muda untuk waktu yang lebih lama. Selanjutnya, enzim bromelain dalam buah meningkatkan kekuatan penyembuhan vitamin C.

- Meningkatkan kekebalan

Kaya vitamin C, nanas membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan efek antioksidan yang kuat, itu melindungi tubuh dari bakteri penyebab penyakit dan virus.

- Menyembuhkan gangguan menstruasi

Bromelain membantu dalam relaksasi otot-otot dan memberikan bantuan dari sakit kram menstruasi dan gejala menstruasi lainnya. (Sumarni/Healthmeup)


(LOV)