PKB: Revisi UU Justru Demi Perkuat KPK

Surya Perkasa    •    Rabu, 24 Jun 2015 16:23 WIB
revisi uu kpk
PKB: Revisi UU Justru Demi Perkuat KPK
Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding--MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding meminta masyarakat dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak berprasangka buruk terkait rencana revisi UU KPK. Anggota Komisi III DPR ini menilai revisi UU KPK justru dapat memperkuat lembaga anti korupsi itu.

"Ini pro kontra karena langsung sudzon dulu, pasti pelemahan KPK. Padahal niatnya banyak pihak mendudukan masalah (KPK) sesuai pada polis (tugas pokok dan fungsi)," kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Salah satunya adalah membuat perangkat aturan dan mekanisme yang memastikan KPK tidak selalu "diganggu" praperadilan. Contohnya terkait gugatan penyidik yang tidak sah.

"Apa kita membiarkan KPK dirundung gugatan Praperadilan tanpa ada solusi. Menurut saya ini bisa diatasi UU," ucapnya.

Selain untuk memperkuat, KPK juga harus semakin diperketat agar tidak terjadi pelemahan dari dalam. Salah satunya membuat aturan yang memastikan KPK bekerja sesuai prosedur operasi dan tidak ada pimpinan staff yang menyalahgunakan kewenangannya.

Namun lagi-lagi dia mengatakan, semua kembali ke kebutuhan dan penyesuaian dengan perubahan UU KUHP yang akan diselesaikan terlebih dahulu.

"Jadi terserah, apakah mau diubah atau tidak terserah. (Yang penting) harus diperkuat KPK. Hukum itu sendiri dinamis. Menyesuaikan sosial politik. Sehingga tak ada yang tidak berubah kecuali Pembukaan UUD Pancasila," tambah dewan dari Jawa Tengah ini.


(YDH)