Kopaja `Teman` TransJakarta Diberi Logo Khusus

Putri Anisa Yuliani    •    Rabu, 24 Jun 2015 17:05 WIB
transjakarta
Kopaja `Teman` TransJakarta Diberi Logo Khusus
kopaja melitas di jalur TransJakarta. (Foto: MI/Immanuel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberi logo khusus pada bus Kopaja yang bergabung dengan PT TransJakarta. Saat ini baru 300 dari 1.470 Kopaja yang memenuhi syarat jadi `teman` TransJakarta.
 
Direktur Utama PT TransJakarta Antonius Kosasih mengatakan, tiap bus yang dioperasikan Kopaja akan memiliki logo TransJakarta. Juga logo Kopaja untuk menandai operatornya.
 
Selain itu bus tidak boleh berhenti di sembarang tempat. PT TransJakarta akan merevitalisasi sejumlah halte di titik-titik tertentu yang menjadi lokasi pemberhentian bus Kopaja.
 
"Jadi nanti akan ada halte khusus yang punya mesin tapping, meskipun itu bukan halte TransJakarta. Masyarakat bisa naik meskipun di wilayahnya tidak ada jalur bus TransJakarta. Tidak bisa berhenti di sembarang tempat. Terlebih lagi dia sudah kami bayar rupiah per kilometer yang tidak ditentukan oleh banyaknya penumpang. Meskipun di perempatan ada penumpang melambaikan tangan dia tidak boleh berhenti," kata Kosasih di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2015).
 
Selain itu, bus Kopaja yang baru bisa dimanfaatkan untuk mengangkut penumpang saat bus TransJakarta bermasalah. "Bus baru ini ada tulisan rute di layar LEDnya. Kalau ada bus yang bermasalah bisa kami alihkan bus ini ke jalur atau koridor yang bermasalah, tinggal kami ubah tulisannya saja. Ini sangat mempermudah seandainya ada bus mogok," kata Kosasih
 
Rute baru yang akan diintegrasikan ialah Lebak Bulus-Senen. Rute tersebut dipilih karena jalurnya bersinggungan dengan jalur TransJakarta. Sementara rute-rute lain akan ditentukan oleh Kopaja.
 
Nilai investasi satu unit bus senilai Rp500 juta. Bus percontohan ini diketahui bermerek Toyota dan memiliki kapasitas 40 orang. Bus-bus baru ini akan menggantikan bus-bus Kopaja yang sudah tidak layak jalan.
 


(FZN)