Revisi UU KPK Diragukan Tuntas Tahun Ini

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 24 Jun 2015 17:54 WIB
revisi uu kpk
Revisi UU KPK Diragukan Tuntas Tahun Ini
KPK---Ant/Sigid K

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat politik dari Universitas Padjajaran Idil Akbar meragukan revisi Undang-undang KPK yang masuk Prolegnas Prioritas 2015 dapat tuntas. Sebab, wujud draft dan naskah akademik revisi UU inisiatif DPR itu masih belum ada.
 
"Saya juga mempertanyakan jika revisi UU KPK itu masuk prolegnas tahun ini, apakah draftnya sudah siap?," kata Idil kepada Metrotvnews.com, Rabu (24/6/2015).
 
Idil ragu dengan kesiapan draft revisi UU tersebut. Dia mengatakan, perubahan prolegnas prioritas memang murni hak DPR. Namun, kata dia, apa tidak ada UU lain yang perlu disegerakan pembahasannya.
 
"Yang perlu dijawab, apakah revisi UU KPK ini lebih penting, sehingga harus disegerakan ketimbang bahas UU lain yang sudah masuk prolegnas lebih dahulu," tukas dia.
 
Meski demikian, Idil menanti konsistensi pernyataan Presiden Joko Widodo melalui sejumlah menterinya, yang tegas menolak revisi. Sebab, konsistensi tersebut akan dilihat saat sikap pemerintah menolak atau ikut dalam pembahasan.
 
"Saya berpegang pada ucapan Presiden Jokowi yang mengatakan bahwa UU KPK tak perlu direvisi. Dengan demikian saya kira Presiden perlu konsisten dengan itu dan tak perlu mengikuti pembahasan revisi UU tersebut. Itupun sekali lagi jika memang dirasa dengan komprehensif bahwa UU KPK memang tak perlu untuk direvisi," terang dia.
 
"Lain lagi ceritanya jika nanti ada substansi di dalam UU KPK yang memang perlu direvisi," imbuh dia.
 
 


(TII)