Polisi Buru Pacar Siswi Pembunuh Bayi

Yahya Farid Nasution    •    Rabu, 24 Jun 2015 19:02 WIB
bayi tewas
Polisi Buru Pacar Siswi Pembunuh Bayi
Ilustrasi--dok MI

Metrotvnews.com, Jakarta: N, 16, pelajar SMK Swasta, ditetapkan sebagai tersangka karena membunuh dan membuang anak kandung di rumahnya. Saat ini polisi sedang berupaya mengejar pria yang menghamili tersangka.

"Ada kemungkinan tersangka bertambah," ujar Wakapolres Metro Jakarta Barat Ajun Komisaris Besar Bahtiar Ujang Purnama di Mapolres Metro Jakarta Barat, Rabu (24/6/2015).

Dari rangkaian hasil penyidikan yang dilakukan unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak), diketahui motif N menghabisi anaknya karena malu. "Pelaku melahirkan di kamar mandi. Karena takut bayinya menangis, dia membunuh bayinya dengan menyumbat hidung dan ditenggelamkan ke dalam ember air," terangnya.

Bahtiar mengimbau, masyarakat, terutama para orang tua memberikan pengawasan dan perhatian terus-menerus kepada anaknya. Bagi anak-anak di bawah umur harus diawasi agar tidak terlibat melakukan seks bebas.

"Seperti yang terjadi pada pelaku. Orangtuanya tidak mengetahui kalau N hamil. Apalagi pas mau lahiran detik-detik kehamilannya, N sempat dikerok badannya karena orang tua mengira anaknya masuk angin," jelas Bahtiar.

Bahtiar mengatakan, akibat pebuatannya N dijerat Pasal 80 ayat 3 UU RI No.35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman penjara 15 tahun dan Pasal 341 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun.

Sementara itu, Kanit PPA Polres Metro Jakarta Barat, Ajun Komisaris Taufik Iman mengatakan, lantaran pelaku merupakan anak dibawah umur penanganan kasus dilakukan sesuai dengan UU Anak di bawah pengawasan dari Bapas (Balai Permasyarakatan) Anak.


(YDH)