Trik Menikmati Seks Setelah Melahirkan

Torie Natalova    •    Rabu, 24 Jun 2015 19:03 WIB
seks
Trik Menikmati Seks Setelah Melahirkan
Menikmati seks setelah melahirkan tanpa beban pikiran. (foto:essentialbaby.com.au)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berhubungan seks untuk pertama kalinya setelah melahirkan tidak seperti berhubungan seks untuk pertama kalinya, yaitu rasa canggung dan menyakitkan. Namun, seperti rasa pertama kali, ada beberapa hal yang terjadi pada Anda sehingga dapat mempersiapkan diri.

Tidak ada alasan untuk takut pada pertama kali bercinta setelah melahirkan. Anda hanya tinggal berurusan dengan luka akibat melahirkan yang membutuhkan beberapa waktu sebelum bagian vagina Anda kembali normal.

Seks setelah melahirkan berbeda pada setiap orang. Ada yang masih merasakan nyeri dan ada juga yang biasa saja saat bercinta. Berikut lima tips yang dapat membantu Anda lebih menikmati seks setelah melahirkan.

1. Anda dan pasangan harus sabar
Kebanyakan dokter mengatakan bahwa wanita membutuhkan waktu setidaknya sekitar enak minggu atau lebih sejak melahirkan untuk bisa bercinta. Ini untuk memastikan semuanya baik-baik saja pascalahiran seperti tidak ada pendarahan, bisa berjalan normal juga mulai memakai KB.

Berhubungan seks terlalu dini setelah melahirkan bisa menyebabkan pembukaan kembali luka pada vagina yang belum benar-benar sembuh. Bahkan, bekas operasi cesar dapat terinfeksi oleh bakteri dari vagina jika belum sembuh benar.

2. Siap secara mental
Sama pentingnya dengan fisik, kesiapan emosional Anda dan pasangan juga harus dalam kondisi prima. Siap secara emosional untuk berhubungan intim. Pasalnya, menurut Dr. Laura Riley dari RS Massachusetts, banyak ibu baru yang merasa tidak seksi serta lelah mengurus buah hati sehingga tidak mood untuk bercinta. "Jika Anda tegang, seks jadi tidak nyaman," ujarnya.

3. Merasa sakit
Beberapa wanita mungkin tidak mengalami rasa sakit sama sekali saat bercinta setelah melahirkan. Namun, beberapa wanita merasakan sakit atau tidak nyaman saat bercinta. Rahim dan leher rahim akan lebih rendah dibanding sebelum melahirkan. Terutama jika Anda mengalami persalinan normal. Caranya, bisa mencoba gaya-gaya lain yang membuat Anda nyaman melakukannya. 

4. Anda harus mendapatkan gairah kembali
Jika seks dirasakan tidak nyaman bagi seorang wanita, mungkin sulit untuknya "rajin" bercinta. Dokter Riley mengatakan, bisa memakan waktu hingga satu tahun setelah melahirkan untuk beberapa wanita merasa benar-benar normal. 

5. Menyusui bisa menghancurkan libido
Salah satu alasan kegiatan bercinta menurun setelah melahirkan adalah karena menyusui. Hormon prolaktin yang membantu memproduksi susu juga membunuh libido Anda. Menyusui juga menurunkan kadar estrogen Anda yang selain menurunkan gairah juga membuat vagina mengering.

Payudara Anda juga cukup sensitif karena digunakan untuk memberi makan bayi setiap waktu. Jadi, jalan terbaiknya adalah pastikan pasangan Anda menyadari hal itu dengan baik. (Sheknows)


(LOV)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

2 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA