Polda Tangkap Penimbun 60 Ton Gula Pasir

Golda Eksa    •    Rabu, 24 Jun 2015 19:04 WIB
ramadan 2015
Polda Tangkap Penimbun 60 Ton Gula Pasir
Ilustrasi penimbunan gula. (Foto: Antara/Prasetyo Utomo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Subdirektorat Industri dan Perdagangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap tiga tersangka berinisial MS, SP, dan U di tanah kosong di Desa Jabaru, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang. Mereka diduga menimbun 60 ton gula pasir rafinasi atau gula pasir khusus industri.
 
SP dan U merupakan sopir tronton yang membawa 60 ton gula pasir dari PT Sentra Usahatama Jaya (SUJ) ke lapak milik MS. Seharusnya gula dikirim ke PT MI. Modus yang dilakukan pelaku yakni mengambil satu kilogram gula dari tiap karung berukuran 50 kilogram, kemudian karung dijahit kembali dan gula dipasarkan ke masyarakat.  
 
"Kegiatan tersebut sudah berlangsung selama 1 tahun. Ini salah, karena gula rafinasi khusus untuk industri," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian, Rabu (24/6/2015).

Tito mengimbau jajarannya di level polsek dan polres di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi, segera menggelar operasi terkait pelanggaran hukum distribusi bahan pokok.

"Intinya adalah, menjelang Ramadan dan Idul Fitri terjadi fluktuasi harga penjualan bahan pokok. Suplai berkurang karena ada pelanggaran hukum seperti penimbunan dan arus distribusi tidak tepat, sehingga harga naik," katanya.
 
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Mujiyono mengatakan, pelaku dijerat Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dan Pasal 62 UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Pasal 7 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18/2007 tentang Ketentuan Impor Gula, dan Pasal 139 UU Nomor 18/2012 tentang Pangan.


(FZN)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

38 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA