Ibas Komitmen Jalani Politik Santun

- 21 Maret 2013 05:10 wib
Antara/Chicarito/vg
Antara/Chicarito/vg

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, yang juga putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro 'Ibas' Yudhoyono menilai keberhasilan berpolitik bisa dilakukan dengan menjalankan praktik berpolitik yang santun tanpa fitnah dan langkah-langkah yang kasar.

"Komitmen saya terus berada di politik. Sejauh dikehendaki, masa depan saya masih panjang. Dan yang perlu digarisbawahi, saya jalankan doktrin politik yang diajarkan oleh Ketua Dewan Pembina, marilah berpolitik secara bersih, cerdas dan santun, beretika, bukan kasar, hitam, intrik penuh dengan berbagai isu tertentu," kata Ibas dalam wawancara khusus yang disiarkan stasiun televisi SCTV di Jakarta, Rabu (20/3) malam.

Ibas mengatakan, akhir-akhir ini mendapat tantangan keras dalam karir politiknya melalui sejumlah isu yang menerpanya beberapa waktu belakangan ini.   Tuduhan adanya penerimaan uang, dibantah tegas oleh Ibas dan menyatakan bila selama ini diam karena mencermati isu yang bergulir. "Saya hargai proses demokrasi, beretika dikonfirmasi. Saya punya harga diri dan saya katakan itu semua tidak benar," kata Ibas.

Menurut Ibas, bila telah menyangkut pencemaran nama baik maka akan menempuh jalur hukum. Sedangkan bila terkait pemberitaan yang tidak berimbang, dirinya akan menempuh mekanisme pelaporan ke Dewan Pers. "Saya ukur sejauh mana isu berkembang, bukan testing water. Kalau isu menyangkut prinsip hidup dan harga diri, saya akan memikirkan bagaimana menempuh jalur hukum kita tegakkan dengan berbasis hukum kalau tidak pas, ke Dewan Pers kalau menyangkut pencemaran nama baik ke jalur hukum," katanya.

Dalam kesempatan itu, putra kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono itu mengatakan, alasan pengunduran dirinya sebagai anggota DPR seperti yang telah disampaikan dalam surat resmi kepada pimpinan DPR dan Fraksi Partai Demokrat adalah ingin berkonsentrasi penuh dalam mengembalikan kinerja partai yang menurun beberapa waktu terakhir ini dengan tolok ukur survei mengenai elektabilitas Partai Demokrat.

"Ketika situasi berubah, saya ingin fokus bagaimana mencurahkan hati dan pikiran saya, supaya Partai Demokrat tetap bisa diharapkan oleh masyarakat dan programnya bermanfaat," katanya. (Antara)

()

SEKRETARIS Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy mengungkapkan forum Musyawarah Kerja Nasional…