BI Jabar Siapkan Rp14,44 Triliun untuk Penukaran Uang

Roni Kurniawan    •    Rabu, 24 Jun 2015 19:23 WIB
bank indonesia
BI Jabar Siapkan Rp14,44 Triliun untuk Penukaran Uang
Ilustrasi. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Metrotvnews.com, Bandung: Selama bulan suci Ramadan hingga menjelang Lebaran 2015, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Barat menyiapkan uang dengan berbagai jenis pecahan sebesar Rp14,44 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang hendak melakukan penukaran uang.

Menurut Kepala Perwakilan BI Prov. Jabar, Rosmaya Hadi, jumlah tersebut mengalami peningkatan sebanyak 15,5 persn dibandingkan 2015 yakni sebesar Rp12,5 triliun. Guna melayani masyarakat baik yang berada di perkotaan dan di perdesaan, KPwBI Prov. Jabar pun bekerja sama dengan 165 kantor cabang Bank di Jabar serta 22 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk melakukan penukaran uang.

"Tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Peningkatannya sebesar 15,5 persen, hal itu dipicu karena sudah menjadi budaya di masyarakat disaat bulan puasa dan menjelang Lebaran melakukan penukaran uang untuk dikasih ke saudara-saudaranya sebagai angpao," ujar Rosmaya kepada wartawan dalam jumpa pers di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/6/2015).

Selain bekerja sama dengan ratusan kantor cabang bank yang telah ditunjuk, KPwBI Prov. Jabar pun melakukan kas keliling di berbagai tempat di antaranya di alun-alun (pusat kota), rest area, mal, dan di daerah yang terpencil.

"Kita juga mengadakan layanan kas bank keliling sebagai salah satu strategi untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran uang di beberapa tempat," imbuhnya.

Ia pun berharap, masyarakat melakukan penukaran di bank-bank yang terdekat yang sudah bekerja sama dengan BI. Terlebih saat ini sudah mulai menjamur orang-orang yang membuka jasa layanan penukaran uang baru di pinggir jalan, bahkan di depan KPwBI Jabar di Bandung.

"Kami imbau masyarakat untuk melakukan penukaran di bank-bank terdekat," tegasnya.


(AHL)