Butuh Rp663,3 Miliar untuk Relokasi Korban Sinabung

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 24 Jun 2015 19:25 WIB
gunung sinabung
Butuh Rp663,3 Miliar untuk Relokasi Korban Sinabung
Warga korban erupsi Gunung Sinabung. Foto: AFP

Metrotvnews.com, Jakarta: Intensitas erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara tidak dapat diprediksi. Warga sekitar gunung terpaksa bolak balik menyelamatkan diri.

"Erupsi Gunung Sinabung sangat unik. Aktivitas erupsi yang naik turun menyebabkan pengungsi harus bolak-balik dari rumahnya ke pengungsian. Sampai kapan erupsi akan berakhir tidak ada yang tahu," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (24/6/2015).

Sutopo mengatakan pihaknya membutuhkan pembangunan relokasi permanen untuk korban erupsi Gunung Sinabung. Tercatat ada 2.053 keluarga atau 6.179 jiwa dari tujuh desa yang dilarang kembali ke desanya. Mereka saat ini tinggal di hunian sementara.

Untuk tahap pertama, BNPB akan merelokasi permanen sebanyak 370 keluarga dari Desa Sukameriah, Simacem, dan Bekerah. Adapun dana yang dibutuhkan sebanyak Rp141,3 miliar.

"Ini untuk pembangunan permukiman, infrastruktur, ekonomi produktif, sosial budaya, dan lintas sektor," terang Sutopo.
 
Sedangkan untuk relokasi tahap kedua, yaitu 1.683 keluarga dibutuhkan dana Rp522 miliar. Kebutuhan ini di luar dari pembangunan sabo dan untuk menahan lahar di sekitar Gunung Sinabung.

Sutopo menambahkan, kendala yang dihadapi petugas di lapangan adalah ketersediaan lahan untuk relokasi. Mencari lahan kosong sangat sulit. Selain itu, kendala untuk membantu korban erupsi nonrelokasi.

"Saat ini banyak warga desa di sekitar Gunung Sinabung yang tidak dapat budidaya pertanian dan perkebunan karena lahannya rusak akibat pasir dan debu erupsi. Fasilitas umum dan fasilitas sosial juga rusak," papar dia.

Kendala lain terkait regulasi pendanaan bencana yang tersekat-sekat dalam setiap tahapan bencana. "Perlu penanganan yang komprehensif baik di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten," tegas dia.

Meski demikian Sutopo bersyukur,  pemenuhan kebutuhan dasar bagi 10.184 jiwa atau 3.030 keluarga pengungsi dari 11 desa yang tersebar di 10 pos pengungsian secara umum mencukupi.


(TRK)

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

2 hours Ago

Kasus hukum yang menjerat Novanto adalah pidana dan di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) an…

BERITA LAINNYA