75 Persen Klub Divisi Utama Terlibat Pengaturan Skor di Tahun 2013

Patrick Pinaria    •    Kamis, 25 Jun 2015 03:59 WIB
suap olahraga
<i>75 Persen Klub Divisi Utama Terlibat Pengaturan Skor di Tahun 2013</i>
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masalah pengaturan skor bukan hal asing lagi di dunia persepakbolaan. Bahkan, kasus tersebut sudah sering terjadi di Indonesia. Hal itu setidaknya yang pernah dialami oleh mantan pelatih Persipur Purwodadi, Gunawan.

Dalam kesempatan menghadiri acara Mata Najwa yang bertema Buka-Bukaan Bola, Rabu 25 Juni, Gunawan mengaku pernah terlibat dalam skandal pengaturan skor ketika melatih Persipur yang berkompetisi di Liga Divisi Utama Indonesia musim 2013.

"Saya mengalami ini ketika saya melatih Persipur Purwodadi. Awalnya, saya ditelepon dengan orang yang inisialnya YL. Purwodadi saat itu sedang tidak ada dana. Untuk makan saja dan gaji pemain tidak ada. Kemudian saya dikenalkan dengan manajemen di Hotel Agas Solo. Pihak manajemen akhirnya menerima karena orang itu mau membantu," ungkap Gunawan.

"Namun, di balik bantuan ini ada timbal balik yang menurut saya merugikan tim. Ia meminta kepada kami untuk kalah setiap bermain. Jadi, itu berisiko sekali bagi saya saat itu. Semua manajemen dan pemain tahu soal itu" sambungnya.

Lebih lanjut, Gunawan membeberkan jumlah tim yang turut terlibat dalam pengaturan skor. Gunawan mengungkapkan terdapat 75 persen tim yang terlibat dalam skandal tersebut. 

"Bukan Purwodadi saja yang diatur. Hampir 75 persen peserta Divisi Utama. Itu terjadi pada tahun 2013. Hal itu dilakukan karena mereka tidak ada dana untuk mengikuti kompetisi," ujar Gunawan. 


(PAT)

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

1 hour Ago

KPK diinformasikan akan menjemput Setya Novanto dari RSCM untuk dibawa ke Rutan KPK. Namun KPK …

BERITA LAINNYA