Menteri Yuddy: Perizinan Jangan Berbelit-belit

Yogi Bayu Aji    •    Kamis, 25 Jun 2015 04:48 WIB
birokrasi
Menteri Yuddy: Perizinan Jangan Berbelit-belit
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi saat blusukan di Sukabumi.

Metrotvnews.com, Sukabumi: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi blusukan ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) Kabupaten Sukabumi. Di kesempatan itu, dia meminta agar diberikan informasi yang lengkap mengenai jenis pelayanan yang diberikan, serta meminta agar kualitas pelayanannya ditingkatkan.

"Apa jenis pelayanannya, apa saja pelayanan yang dikenakan pembayaran, kemudian waktu penyelesaian kapan. Itu harus  dipasang di depan pintu masuk, sehingga orang yang ingin mengajukan izin bisa mengetahuinya. Jadi sesuai dengan Undang-Undang Pelayanan Publik, setiap penyelenggaraan pelayanan publik harus dilengkapi standar operasional prosedur (SOP), antara lain menyediakan informasi mengenai itu," kata Yuddy Chrisnandi saat tiba di kantor PPTSP Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/6/2015).

 Yuddy yang didamping Kepala Kantor PPTSP Jainu pun sempat mencoba mengajukan izin seperti izin usaha perhotelan. "Masing-masing ijin persyaratannya ada? Misalnya saya mau mengajukan ijin usaha perhotelan. Jadi apa yang harus saya siapkan dan itu harus ditulis dengan jelas persyaratannya," imbuh dia. 

Menurut Yuddy, yang terpenting sebagai seorang aparatur sipil negara (ASN) memiliki jiwa melayani. Apabila ada pengusaha atau masyarakat yang ingin mengajukan izin usaha harus dilayani dengan baik. "Pengusaha jangan sampai mengeluh. Begitu datang sekali harus diberitahu dengan jelas, sehingga ada kepastian. Pelayanan perijinan jangan berbelit-belit, waktu penyelesaian secepat-cepatnya," tekan Yuddy.

Usai mendatangi kantor PPTSP, Yuddy pun kembali melanjutkan blusukannya ke sejumlah kantor pelayanan publik. Beberapa di antaranya adalah Kantor Bupati Sukabumi, RSUD, Mapolres dan Pendopo Kabupaten Sukabumi.


(OGI)