Psikolog Politik: Dana Aspirasi Cuma Untungkan Legislator di Pemilu 2019

Yogi Bayu Aji    •    Kamis, 25 Jun 2015 07:12 WIB
dana aspirasi
Psikolog Politik: Dana Aspirasi Cuma Untungkan Legislator di Pemilu 2019
Pakar psikologi politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk. (Foto: MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Psikolog Politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk menilai ada kepentingan jangka panjang dalam wacana dana aspirasi di DPR. Pasalnya, hal ini dapat memberi keuntungan bagi legislator yang ingin maju kembali di pemilu 2019.

"Ini tidak fair, akan untungkan incumbent sekarang, bisa kelabui publik dengan mengatakan 'kalian dapat dana ini karena saya'," kata Hamdi kepada Metrotvnews.com, Kamis (25/6/2015) pagi.

Menurut dia, dengan golnya wacana ini di DPR akan jadi pukulan telak bagi calon legislatif yang ingin maju di 2019. Dana aspirasi, kata dia, dia jadi modal besar bagi calon incumbent untuk menghimpun suara. Sementara, calon wakil rakyat baru harus berusaha sendiri dalam meyakinkan publik.

"Nanti mereka bisa klaim 'pembangunan ini karena saya', padahal kan enggak begitu. Kebijakan pembangunan tidak bisa datang dari seorang diri. Sudah ada perencanaannya," jelas dia.

Dampak semacam ini, kata dia, akan makin terasa bagi masyakat awam. Mereka yang buta soal politik bisa dengan mudah dikelabui dengan skema pencarian suara semacam ini. 

Hamdi pun mengkritik anggota dewan dalam wacana ini. Dia menekankan, seharusnya dalam membuat kebijakan politik, anggota dewan wajib melihat aspirasi yang berkembang di masyarakat dengan menggunakan hati nurani dan akal sehatnya.

"Menurut saya argumen dana aspirasi ini tidak beralasan. Kalau argumentasi mereka itu dibuka ke publik, diperdebatkan apa manfaat dan mudaratnya. Pasti wacana itu akan gugur dengan sendirinya," pungkas dia. 

DPR dalam Sidang Paripurna Selasa, 23 Juni lalu, menyetujui mekanisme usulan dana aspirasi DPR sebesar Rp11,2 triliun di 2016 untuk dibahas lebih lanjut. Meskipun, ada tiga fraksi yang menolak yakni PDIP, NasDem, dan Hanura.


(OGI)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

4 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA