Ahok Sepakat Perjalanan Dinas dan Tunjangan DPRD Dinaikkan

Wanda Indana    •    Kamis, 25 Jun 2015 10:13 WIB
basuki tjahaja purnama
Ahok Sepakat Perjalanan Dinas dan Tunjangan DPRD Dinaikkan
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Wanda)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sepakat dengan pemintaan DPRD se-Indonesia kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk menaikan biaya perjalanan dinas dan tunjangan jabatan sebanyak 200 persen.
 
Bahkan menurut Ahok, tak hanya DPRD, gaji seluruh penyelenggara negara termasuk pegawai negeri sipil, Camat, Bupati, Gubernur juga harus dinaikkan. Alasanya, gaji mereka lebih rendah dari pegawai BUMD atau BUMN. Upaya itu untuk meminimalisir praktik korupsi.
 
"Saya dari dulu mendukung semua gaji PNS mau DPRD mau DPR mau Bupati, Wali Kota, Gubernur naikin saja. Masa BUMD dan BUMN gaji lebih gede. Naikin saja lebih gede sesuai profesional," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (25/6/2015).
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, jika DPRD ingin naik gaji, dirinya meminta Undang-undang Nomor 7 Tahun 2006 diterapkan. Dalam aturan tersebut pejabat pemerintah harus melakukan pembuktian harta pejabat hasil ratifikasi. Jika tidak bisa membuktikan, maka harta akan disita untuk negara. "Semua harus sama-sama fair, gaji terlalu rendah juga nggak bisa," ujarnya.
 
Selain itu, jika perjalanan dinas dan tunjangan DPRD dinaikkan, Ahok meminta transaksi anggota DPRD harus non tunai. Supaya, seluruh transaksi dapat ditelusuri. "Begitu kamu tertangkap naik mobil mewah dan dibilang hasil minjam berarti gratifikasi, terus kalau kamu ngotot itu punya saudara dan seluruh transaksinya terlihat non cash, saya setuju," pungkas Ahok.
 


(FZN)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA