Jazuli Beberkan Asal Usul Mobil Toyota Ahmad Fathanah

   •    Kamis, 21 Mar 2013 13:53 WIB
Jazuli Beberkan Asal Usul Mobil Toyota Ahmad Fathanah
ANTARA/Rosa Panggabean/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Jazuli Juwaini selesai menjalani pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Kamis (21/3) siang. Ia diperiksa penyidik dalam kasus tindak pidana pencucian uang selama kurang lebih tiga jam.

Anggota DPR dari Fraksi PKS yang diperiksa sebagai saksi menegaskan dirinya bukan tersangka.

"Saya dipanggil ke KPK ini guna dimintai keterangan, ingat ya, catat oleh kalian, bukan tersangka," kata Jazuli kepada wartawan di Gedung KPK.

Lelaki yang mengenakan peci dan baju batik itu menegaskan, dirinya dimintai keterangan tentang Mobil Toyota Prado yang dijualnya tahun lalu kepada Ahmad Fathanah, tersangka kasus pengaturan kuota impor daging sapi dan tindak pidana pencucian uang.

"Mobil itu ternyata masih gunakan nama saya. Maka KPK ingin tahu ini sebenarnya milik siapa? Jadi ya kita jelaskan," jelasnya.

Menurut Jazuli, dirinya menjelaskan kepada penyidik seputar bagaimana proses jual beli mobil itu.

"Dulu saya beli Mobil Toyota Prado ini kredit dari salah satu showroom waktu Pemilihan Gubernur Banten buat keliling. Itu sekitar tahun 2011, dan harganya Rp900 juta-an, tapi itu kredit," imbuhnya.

Menurut Jazuli, mobil tersebut sudah ia masukan ke dalam LHKPN. Namun, ia kemudian menjual mobil itu karena butuh uang untuk memenuhi banyak kebutuhan.

"Setelah selesai Pilgub Banten, saya banyak kebutuhan ini dan itu, saya jual. Kebetulan, lewat salah satu sales showroom, tempat saya beli, ternyata yang naksir itu saudara AF, akhirnya saya jual kepada beliau," terangnya.

Proses penjualan pun, kata Jazuli, hanya over credit. "Iya (over credit). Karena dia teruskan kreditnya saya jual Rp600 juta," tegasnya.