Pertamina EP Sosialisasikan Seismik 3D Akasia Besar

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 25 Jun 2015 10:36 WIB
pertamina
Pertamina EP Sosialisasikan Seismik 3D Akasia Besar
Ilustrasi Pertamina -- ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Cirebon: PT Pertamina EP melakukan sosialisasi terkait rencana kegiatan Seismik 3D Akasia Besar dengan stakeholder di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Sosialisasi tersebut dimaksudkan sebagai bentuk pemaparan awal mengenai teknis rencana pelaksanaan kegiatan Seismik 3D Akasia Besar.

‪Sosialisasi yang dihadiri oleh Bupati Cirebon, Kepala Dinas, dan aparat keamanan, serta stakeholder wilayah Kabupaten Cirebon tersebut, Pertamina EP menjelaskan beberapa hal seperti sekilas tentang teknik pelaksanaan seismik, tata waktu pelaksanaan pekerjaan, metode seismik, dan beberapa informasi lain yang terkait.

VP Exploration Pertamina EP Indra Prasetya dalam pemaparannya mengatakan, kegiatan seismik ini merupakan upaya untuk mencari dan membuktikan ada tidaknya kandungan minyak dan gas bumi serta untuk mengembangkan lapangan minyak dan gas bumi yang sudah ada.

"Pelaksanaan kegiatan survei Seismik 3D Akasia Besar ini bertujuan untuk menemukan cadangan migas baru serta mengkonfirmasi potensi lead and prospek yang sudah ada," ujar Indra, di Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon, Rabu, 24 Juni 2015.

‪Rencananya kegiatan seismik akan dilakukan di 28 kecamatan dan 251 desa yang tersebar di sekitar wilayah Jawa Barat, tepatnya di sekitaran wilayah tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Cirebon. "Untuk wilayah Kabupaten Cirebon, kegiatan ini dijadwalkan dimulai pada sekitar September 2015 sampai Desember 2015", jelas Indra.

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi mendukung langkah Pertamina EP untuk melaskanakan survey seismic. Menurutnya, saat ini kebutuhan minyak dan gas cukup tinggi, sehingga pertamina harus bisa mencarikan solusinya dengan menemukan cadangan minyak yang baru. Sunjaya juga meminta sosialisasi ini bisa dilakukan dari tingkat kabupaten hingga desa agar tidak terjadi kesalah pahaman.

“Pemkab Cirebon merespon baik niat Pertamina untuk melakukan survey seismic, namun diharapkan sosialisasinya bisa dilakukan hingga tingkat desa agar tidak terjadi kesalahpahaman. Saya minta juga kepada camat dan pemerintah desa agar menjaga wilayahnya agar kondusif dan terus memantau survey seismic agar aman," pungkas Sunjaya


(ABD)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

1 hour Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA