Tiga Tersangka Suap Muba Digarap Penyidik

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 25 Jun 2015 10:51 WIB
kasus suap
Tiga Tersangka Suap Muba Digarap Penyidik
Syamsuddin Fei---Ant/Nova

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tiga tersangka dugaan suap perubahan APBD 2015 di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Dua di antaranya yakni Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Muba, Syamsudin Fei dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muba, Fasyar.

Syamsudin dan Fasyar akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bambang Karyanto, anggota DPRD asal PDI Perjuangan. "Keduanya menjadi saksi untuk tersangka BK (Bambang Karyanto)," kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, saat dikonfirmasi, Kamis (25/6/2015).

SF dan F datang sekitar pukul 10.00 dengan menggunakan rompi orange tahanan KPK. Namun, tak sepatah kata pun keluar dari mulut kedua tersangka ini.

Selain kedua tersangka ini, penyidik juga akan memeriksa tersangka BK. BK akan menjadi saksi untuk tersangka F.

"BK diperiksa sebagai saksi F (Fasyar)," ujar Priharsa.

Dalam kasus ini, KPK sudah menetap empat tersangka. Mereka adalah anggota DPRD asal PDIP Bambang Karyanto, anggota DPRD asal Gerinda Adam Munandar, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Muba Syamsudin Fei, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Beppeda) Muba Fasyar.

Bambang dan Adam merupakan penerima suap. Keduanya dijerat Pasal 12 huruf a dan atau Pasal 12 huruf b dan atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Sementara, Syamsudin dan Fasyar sebagai pemberi suap dijerat dengan Pasal 5 ayat 1 huruf b, Pasal 13 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Keempat dicokok saat bertemu di rumah Bambang di Jalan Sanjaya, Alang-alang, Palembang, Sumatera Selatan. Saat itu mereka sedang melancarkan aksi suap menyuap. Penyidik menemukan uang tunai sekitar Rp2,567 miliar dalam pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu dalam tas merah marun di sana.


(TII)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

1 hour Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA