Bank Jatim akan Spin Off Anak Usaha Syariah di 2017

Arif Wicaksono    •    Kamis, 25 Jun 2015 11:22 WIB
bank jatim
Bank Jatim akan <i>Spin Off</i> Anak Usaha Syariah di 2017
Ilustrasi Bank Jatim. (ANT/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) merencanakan  spin off atau pemisahan anak usaha untuk unit usaha syariah (UUS) menjadi Bank Umum Syariah (BUS) di 2017. Pemisahan ini sebagai bentuk usaha perseroan untuk memperluas ekspansi bisnis melalui anak  usaha.

Direktur Bisnis Menengah & Korporasi Bank Jatim Su'udi menuturkan pemisahan ini akan dilakukan  setelah anak usaha perseroan memiliki modal inti sebesar Rp1 triliun atau di atas dari ketentuan  persyaratan pihak Otoritas JAsa Keuangan (OJK) mengenai dana minimum spin off yang sebesar  Rp500 miliar.

"Kami harapkan dengan modal tersebut anak usaha bank jatim sudah bisa beroperasi dengan baik," kata dia saat ditemui Metrotvnews.com, di Jakarta, Rabu, 24 Juni 2015.

Rencana spin off ini pun mundur dari target awal pada 2016. Dia mengatakan keterlambatan ini karena  perusahaan sedang menyiapkan sarana infrastruktur untuk mengembangkan UUS Syariahnya.

Dia mengatakan modal inti untuk UUS Bank Syariah Jatim masih berada pada Rp200 miliar dan  diproyeksikan akan mengalami suntikan setiap tahunnya sebelum mencapai Rp1 triliun. Pada tahun ini  Bank Syariah Jatim akan mendirikan empat cabang baru untuk menambah jaringan dan ekspansi perseroan.


(SAW)