Cek Pasar Induk Kramat Jati, Mentan tak Temukan Bawang Merah Impor

Husen Miftahudin    •    Kamis, 25 Jun 2015 11:46 WIB
kementan ads
Cek Pasar Induk Kramat Jati, Mentan tak Temukan Bawang Merah Impor
Menteri Pertanian Arman Sulaiman (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menegaskan bahwa tak ada impor bawang merah yang masuk ke Pasar Induk Kramat Jati. Ini dikatakannya saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) sebagai tindak lanjut dari isu impor bawang merah yang masuk ke pasaran.

Rumor yang berkembang mengatakan, di Pasar Induk Kramat Jati telah tersebar bawang merah hasil impor dari negara Thailand dan Vietnam. Memiliki kualitas yang lebih unggul dan harga yang terjangkau membuat bawang merah impor ini mematikan bawang merah lokal hasil dari jerih payah para petani dalam negeri.

"Awalnya kita dapat laporan bahwa bawang merah impor dari Vietnam sama Thailand masuk ke Kramat Jati. Kita cek ke sini, tanya pedagang, ternyata tidak ditemukan adanya bawang impor," ujar Amran, saat melakukan sidak di Pasar Induk Kramat Jati, Jalan Raya Bogor KM 17, Jakarta Timur, Kamis (25/6/2015).

Ia menegaskan, semua bawang merah yang ada di Pasar Induk Kramat Jati saat ini merupakan hasil dari produksi dalam negeri. Menurut dia, isu adanya bawang merah impor adalah hal yang keliru, karena fisik bawang merah Vietnam dan Thailand hampir serupa dengan bawang merah lokal yang berasal dari Nganjuk dan Garut.

"Yang ada di sini itu bawang Nganjuk yang masuk ke pasar, memang fisiknya mirip. Juga Garut yang fisiknya lebih besar tapi ketika digoreng, ia (bawang) itu  banyak menyerap minyak," paparnya.

Amran menambahkan, untuk pasokan bawang merah hingga saat ini masih aman. Hal ini karena beberapa derah sentra produksi bawang merah sudah memasuki masa panen. ‪"Sampai saat ini pasokan bawang aman karena petani di sejumlah daerah siap menambah pasokan. Distribusinya pun terpantau dengan mengerahkan armada Badan Urusan Logistik," pungkas Amran.



(ABD)

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

1 hour Ago

KPK diinformasikan akan menjemput Setya Novanto dari RSCM untuk dibawa ke Rutan KPK. Namun KPK …

BERITA LAINNYA