Ibas: Caketum Demokrat, hanya Tuhan, SBY dan Peserta KLB yang Tahu

   •    Kamis, 21 Mar 2013 18:18 WIB
Ibas: Caketum Demokrat, hanya Tuhan, SBY dan Peserta KLB yang Tahu
Ilustrasi -- MI/Tiyok

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Jendral Partai Demokrat Edhie Baskoro (Ibas) mengatakan partainya belum secara resmi memberikan nama-nama calon ketua umum untuk dipilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan berlangsung 30-31 Maret di Bali.

"Partai Demokrat belum secara resmi memberikan nama-nama calon ketua umum. Hanya Tuhan, Bapak SBY dan Peserta KLB yang nantinya tahu," kata Ibas dalam konferensi pers di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (21/3).

Namun demikian, ia mengaku menghargai aspirasi yang berkembang di media tentang nama-nama calon ketum. "Kami menghargai bahwa itu merupakan aspirasi dari kader-kader Demokrat," kata Ibas.

Seperti diketahui, beberapa waktu yang lalu, Anas Urbaningrum menyatakan berhenti dari posisinya sebagai ketua umum. Kepemimpinan Partai Demokrat lalu dipegang secara kolektif kolegial oleh Majelis Tinggi Partai (MTP) yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Selanjutnya, MTP memutuskan DPP Partai Demokrat untuk melaksanakan Kongres Luar Biasa (KLB).

Ibas yang menjadi Steering Comitee dalam KLB menegaskan, selain untuk memilih ketum, tujuan KLB adalah mengonsolidasikan kembali, memperkokoh soliditas kader baik pusat sampai daerah, untuk menghadapi tahapan Pemilu 2014.

"KLB ini diharapkan berjalan sederhana, hikmat, teduh dan menghasilkan kesepakatan bersama yang bisa diperoleh melalui cara musyawarah yang merupakan bagian dari proses demokrasi juga," tukasnya.

Namun, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua memberikan sinyal bahwa aklamasi bisa saja terjadi di KLB. "Kalau bisa kenapa tidak (aklamasi)," kata Max secara terpisah.

Max menjelaskan, sebelum memilih ketum, agenda KLB adalah membuat perubahan AD/ART. "Setiap kongres ada perubahan AD/ART. Kali ini hanya penyesuaian saja," kata Max.

Ia menegaskan, AD/ART yang telah disesuaikan akan langsung berlaku setelah KLB. "Langsung berlaku. Kan langsung ditandatangani ketum juga," tukasnya.


KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

57 minutes Ago

KPK diinformasikan akan menjemput Setya Novanto dari RSCM untuk dibawa ke Rutan KPK. Namun KPK …

BERITA LAINNYA