Sidang Gugatan Ilham Arif Sirajuddin Ditunda Lagi

Ilham wibowo    •    Kamis, 25 Jun 2015 13:18 WIB
praperadilan
Sidang Gugatan Ilham Arif Sirajuddin Ditunda Lagi
Ilham Arief Siradjuddin memberikan kesaksian pada sidang kasus dugaan suap kuota impor daging sapi dengan terdakwa Ahmad Fathanah di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis 19 September 2013. Foto: MI/Mohammad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Sidang praperadilan yang diajukan bekas Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin kembali ditunda. Penyebabnya, KPK tidak menghadiri persidangan.

Persidangan yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 10.00 WIB baru dibuka oleh Hakim tunggal Amat Khusairi pada pukul 12.00 WIB. 

"Karena ini baru sidang pertama, jadi kita akan panggil ulang. Kita akan laksanakan kembali sidang pada Rabu 1 Juli 2015. Sidang ditutup," kata Amat di Pengadilan Negri Jakarta Selatan Jalan Ampera Raya, Kamis (25/6/2015).

Kuasa Hukum Ilham, Johnson Panjaitan, mengatakan KPK mangkir meski sudah mendapat panggilan resmi dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. "KPK panggil orang buat diperiksa mau, hadir di sidang malah enggak mau," tuturnya.

Johnson mengaku siap menghadapi KPK kapan pun. Ia tak sabar menghadapi persidangan lantaran telah menyiapkan bukti-bukti dan saksi, baik saksi fakta maupun ahli.

"Bukti-bukti sudah siap, saya inginnya hari ini, besok langsung pemaparan bukti. Semuanya terbuka dan bisa dilihat. Tidak ada yang berubah, saya yakin menang," tuturnya.

Ilham Arief Sirajuddin kembali mengajukan gugatan praperadilan ke PN Jakarta Selatan dengan termohon KPK. Arief tak terima kembali dijadikan tersangka.

Pengadilan sebetulnya sudah membebaskan Arief dari status tersangka. Pada praperadilan pertama, PN Jakarta Selatan memutuskan status tersangka Arief tak sah. Namun usai putusan itu, KPK kembali menerbitkan surat perintah penyidikan (sprindik) yang menersangkakan Ilham.



(TRK)