Facebook Lite, Aplikasi Super Ringan untuk Mengakses Facebook

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 25 Jun 2015 15:39 WIB
facebook
Facebook Lite, Aplikasi Super Ringan untuk Mengakses Facebook
Facebook Lite dapat digunakan dengan lancar pada gadget low-end sekalipun.

Metrotvnews.com, Jakarta: Berawal dari protes para penggunanya yang mengakui kesulitan mengakses melalui jaringan 2G atau keterbatasan performa gadget, Facebook membuat sebuah aplikasi super ringan untuk mengakses layanannya yang disebut dengan Facebook Lite.

Seperti namanya - yang berarti ringan - aplikasi ini memang memiliki ukuran yang sangat kecil jika dibandingkan dengan aplikasi Facebook untuk Android.

Pertanyaannya, tidakkah Facebook khawatir Facebook Lite akan membuat para pengguna aplikasi Facebook untuk Android beralih? Vijay Shankar, Product Manager dari Facebook Lite mengatakan bahwa sama sekali tak ada kekhawatiran akan timbulnya masalah ini.

"Karena tujuan kami membuat Facebook Lite adalah untuk memberikan pengalaman menggunakan Facebook terbaik pada semua pengguna Facebook, tak peduli gadget apa yang mereka gunakan atau jaringan koneksi yang ada," kata Vijay, Kamis (25/6/2015).

Facebook memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif. Dan tak semua pengguna Facebook memiliki gadget terbaru dengan spek canggih atau memiliki koneksi ke jaringan 3G atau 4G.

"Karena itulah, kami membuat aplikasi yang dapat bekerja dengan baik pada gadget low-end atau meskipun koneksi yang digunakan hanya 2G," kata Vijay.

Sebelum diluncurkan di Indonesia, Facebook Lite telah diuji di beberapa negara di Asia Tenggara dan Afrika. Vijay mengklaim bahwa Facebook Lite sangat disukai. Mengenai masalah "kanibalisme", Vijay mengatakan bahwa di negara-negara di mana Facebook Lite diuji, tak sedikit orang yang pada akhirnya justru menggunakan kedua aplikasi tersebut.

"Jika mereka memiliki gadget canggih, mereka akan menggunakan aplikasi Facebook untuk Android saat mereka berada di lingkungan Wi-Fi, seperti di rumah atau di kantor. Tapi saat mereka berada di jalan, dan mereka terpaksa harus menggunakan koneksi 2G, mereka akan menggunakan aplikasi Facebook Lite," kata Vijay.


(ABE)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

4 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA