Verifikasi WNI Dieksekusi karena Sebar AIDS, Kemenlu Telepon Daily Mail

Fajar Nugraha    •    Kamis, 25 Jun 2015 14:32 WIB
isis
Verifikasi WNI Dieksekusi karena Sebar AIDS, Kemenlu Telepon Daily Mail
Jubir Kemenlu Arrmanatha Nasir (Foto: Metro Tv)

Metrotvnews.com, Jakarta: Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir tidak bisa memverifikasi warga negara Indonesia (WNI) yang dieksekusi ISIS karena menyebarkan AIDS.

"Dalam konteks ini berita tersebut kami sudah mencoba memverifikasi baik dari kedutaan kita di Damaskus, maupun Ankara dan Istanbul. Itu tidak bisa diverifikasi," ujar Arrmanatha, di Ruang Palapa, Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (25/6/2015).

"Kami telah mencoba minta verifikasi penulis awal berita ini. Dari komunikasi kami dengan media tersebut, beritanya tidak ada verifikasi konkret," lanjutnya.

Menurut Arrmanatha, media Inggris Daily Mail yang memuat berita itu, tidak memiliki nama dari WNI tersebut.

"Selain itu mereka juga tidak memiliki kejelasan di mana dan kapan kejadian eksekusi mati itu berlangsung. Mereka tidak bisa berikan detail," jelasnya.

"Jadi kami tidak bisa verifikasi adanya kejadian tersebut," tegas pria yang biasa disapa Tata itu.

WNI yang tidak diketahui namanya itu dikabarkan telah menyebarkan kepanikan di antara anggota ISIS di Shaddadi, Provinsi Hasaka.

Penyebaran ini terbongkar setelah dilakukan tes terhadap seorang anggota ISIS asal Mesir, yang mendapatkan donor darah dari WNI tersebut. Selain itu, seorang warga etnis Yazidi berusia 15 tahun, yang merupakan budak seksnya, turut terinfeksi AIDS.

Anggota ISIS asal Mesir dan tahanan etnis Yazidi itu diperiksa oleh dokter ketika wajahnya tampak pucat. Dokter yang melakukan tes medis, menemukan bahwa keduanya terinfeksi AIDS. Sementara WNI yang anggota ISIS itu, diyakini telah menyebarkan penyakit itu usai memberikan donor darah.

Penyelidikan terhadap latar belakang medis WNI tadi memperlihatkan bahwa dia sudah menderita AIDS sebelum bergabung ISIS, September 2014 lalu. Setelah ketahuan, WNI itu itu dikabarkan dieksekusi mati karena telah menyebarkan penyakit ke anggota ISIS dengan mendonorkan darahnya kepada anggota yang terluka.


(FJR)

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

1 hour Ago

KPK diinformasikan akan menjemput Setya Novanto dari RSCM untuk dibawa ke Rutan KPK. Namun KPK …

BERITA LAINNYA